Cari Blog Ini

Bidvertiser

Jumat, 29 Mei 2015

Pencopet di Kereta (Surat Pembaca)

Kami mohon maaf kepada Bapak Ali Aulia Rahman atas ketidaknyamanan saat menggunakan KRL Commuter Jabodetabek pada 5 Mei, yang dikisahkan dalam surat pembaca Kompas (18/5), "Masih Ada Copet di Kereta Komuter".

PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) terus bekerja keras meningkatkan pelayanan. Salah satunya dengan meningkatkan rasa aman bagi para pengguna KRL.

Operasi dan antisipasi untuk pengamanan setiap hari rutin kami lakukan. Saat kondisi kereta memungkinkan dan tidak terlalu padat, petugas kami akan berpatroli di dalam rangkaian kereta. Patroli memang sulit dilakukan saat kondisi kereta padat, terutama pada jam sibuk, seperti pagi dan sore hari. Untuk itu kami membutuhkan kerja sama seluruh pengguna jasa agar ikut menjaga barang berharga dan barang bawaan lainnya.

Khusus terkait kasus pencopetan di dalam KRL maupun stasiun, sepanjang 2015 ini kami telah menangkap 23 pencopet di berbagai lintas KRL Jabodetabek. Ini adalah peningkatan dibandingkan dengan pada 2014 ketika kami mampu menangkap 14 pencopet.

Hal ini menunjukkan upaya kami mempersempit ruang gerak pencopet dan meningkatkan keamanan bagi penumpang. Para pencopet itu dapat ditangkap berkat kesigapan petugas kami di lapangan serta partisipasi para pengguna kereta. Pencopet yang tertangkap kemudian kami data di stasiun, selanjutnya kami serahkan ke kepolisian sektor terdekat.

Meski demikian, tak semua penumpang korban pencopetan mau meneruskan laporan ke polisi. Untuk kasus-kasus seperti ini, pencopet yang tertangkap biasanya kami berikan sanksi sosial dengan berdiri di area stasiun yang ramai penumpang agar mereka malu dan jera beraksi kembali. Untuk mencegah para pelaku kembali beraksi, kami mengerahkan petugas dalam pakaian preman dan membaur dengan penumpang.

EVA CHAIRUNISA, MANAJER KOMUNIKASI PERUSAHAAN PT KAI COMMUTER JABODETABEK

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 29 Mei 2015, di halaman 7 dengan judul "Surat Kepada Redaksi ".


Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger