Sungguh suatu kehormatan bagi saya bertemu dengan Presiden Joko Widodo yang didampingi beberapa menteri Kabinet Kerja.

Saya menghargai sambutan begitu hangat yang disampaikan oleh Presiden dan masyarakat Indonesia yang saya temui selama kunjungan.

Saya juga senang sekali bisa berjumpa dengan siswa-siswi SMPN 2 Babakan Madang di Jawa Barat. Anak-anak ini, demikian juga jutaan murid sekolah lainnya di seluruh Nusantara, adalah masa depan Indonesia.

Dari apa yang saya saksikan, masa depan Indonesia berada di tangan yang sangat baik.

Anak-anak yang saya temui sangat berbakat, penuh janji dan semangat, dan akan membantu Indonesia mewujudkan potensi ekonomi yang sangat besar di tahun-tahun mendatang.

Dalam hal ini, Australia bangga menjadi mitra terkuat bahkan dari sejak awal, saat negara Indonesia memperjuangkan kemerdekaan pada 1945. Hingga hari ini, kami tetap berkomitmen pada Indonesia sebagai sahabat dan mitra dekat.

Saling mendukung

Kedua negara kita saling menghormati dan saling mendukung. Oleh karena itu, pada tahun-tahun mendatang, kami memiliki harapan yang besar untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama.

Itulah sebabnya, mengapa kita telah merampungkan negosiasi kesepakatan kerja sama perdagangan dan ekonomi yang komprehensif berupa Kesepakatan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) serta meningkatkan hubungan kita pada level Kemitraan Strategis Komprehensif.

Kesepakatan perdagangan baru tersebut bukanlah sebuah transaksi karena hal ini merupakan kemitraan yang sesungguhnya. Kemitraan ini akan menciptakan lapangan pekerjaan dan sekaligus mewujudkan kemakmuran untuk kedua negara.

Untuk ekonomi seukuran kita, hubungan perdagangan dan investasi seharusnya bisa lebih besar lagi. Namun, sebagai langkah awal, IA-CEPA sudah sangat menjanjikan.

Kesepakatan tersebut akan membuka babak baru peluang-peluang untuk bisnis Indonesia dan Australia, khususnya dalam bidang pendidikan, seperti kemitraan universitas, pendidikan teknis dan kejuruan.

Semua produk ekspor Indonesia juga akan masuk Australia tanpa tarif atau pajak dan sebaliknya 99 persen ekspor barang Australia juga akan bisa masuk Indonesia bebas bea atau dengan pengaturan preferensial yang sudah diperbaiki.

Hal ini akan membuat barang-barang Australia menjadi lebih terjangkau bagi warga Indonesia dan memastikan pasokan produk yang lebih bisa diandalkan, di antaranya produk pertanian dan peternakan, seperti daging sapi, susu, dan jeruk.

Kemitraan Strategis Komprehensif mencerminkan keinginan kuat untuk terus mempererat dan memanfaatkan hubungan yang kita miliki. Lebih lanjut, ini juga merefleksikan fokus yang meningkat pada kerja bersama kita di kawasan maupun pada panggung global.

Semua ini diharapkan juga akan mendorong kemakmuran untuk rakyat kita, Indonesia-Australia, memperkukuh koneksi antarmasyarakat, serta meningkatkan keamanan, tidak hanya untuk kita, tetapi di seluruh kawasan Indo-Pasifik.

Perubahan fundamental

Seperti yang saya sudah sampaikan di Jakarta, kita menyaksikan perubahan fundamental dalam ekonomi global dalam 200 tahun. Kawasan kita, Indo-Pasifik, sekarang merupakan titik penting dari ekonomi global.

Presiden Joko Widodo dan saya memahami bahwa masa depan kedua negara bergantung pada kemauan kita untuk bersama-sama mengerjakan banyak hal dalam kawasan, terutama untuk menjaga perdamaian, keamanan, dan stabilitas, sekaligus memastikan pertumbuhan dan kemakmuran bersama.

Kita tahu, tidak mungkin hanya memilih salah satu: meraih kesejahteraan tanpa keamanan, atau keamanan tanpa kesejahteraan. Dua hal itu tak terpisahkan, saling mendukung, sehingga mereka harus terus berjalan seiring.

Dalam hal ini, Australia dan Indonesia memiliki kesamaan perhatian dalam banyak hal. Di antaranya Australia dan Indonesia sama-sama berkomitmen pada lingkungan di mana ketidaksepakatan dan perselisihan diselesaikan secara damai, sesuai dengan peraturan internasional.

Australia dan Indonesia juga berkomitmen pada demokrasi yang toleran dan modern.

Kami sama-sama bangga akan masyarakat dengan beragam keyakinan dan budaya serta kami sama-sama memahami bahwa ada persatuan dalam keragaman. Keragaman justru menjadi kekuatan yang memperkukuh masyarakat kita.

Australia dan Indonesia sama-sama berkomitmen untuk kawasan yang lebih aman. Bertahun-tahun agen-agen pertahanan dan keamanan kita telah bekerja sama secara luas.

Kami sama-sama menginginkan kawasan yang damai serta wilayah maritim yang aman dan stabil.

Di sisi lain, kita saling menghormati integritas teritorial masing-masing dan melaksanakan kerja sama keamanan dalam semangat persahabatan.

Kedua negara melihat ASEAN di tengah-tengah kawasan Indo-Pasifik. Maka, Indonesia-Australia sama-sama berkomitmen untuk keamanan, kesejahteraan, dan ketangguhan kawasan.
Keberhasilan Indonesia adalah keberhasilan Australia.

Australia tidak memiliki mitra lebih penting lain di kawasan selain Indonesia.