Cari Blog Ini

Bidvertiser

Rabu, 27 November 2019

ARTIKEL OPINI: RKUHP Sebagai “Omnibus Law” (MULADI)


KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Ketua Tim Perumus RKUHP Muladi

Minus beberapa kesan negatif terhadap keberadaan  "omnibus law" (OL) di negara-negara asal (AS, Kanada, Australia, Selandia Baru, Irlandia dll), fungsionalisasi Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP)  sebagai OL dapat dilakukan.

Alasannya, karena dalam misi dan visinya, RKUHP juga mengandung misi sinkronisasi dan konsolidasi akibat  perkembangan hukum pidana pasca -kemerdekaan yang sangat masif,  baik di dalam maupun di luar Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) warisan kolonial yang cenderung  tidak terkendali.

Beberapa kesan negatif itu antara lain  OL sering dianggap sebagai strategi rekonstruksi hukum  untuk penyederhanaan  regulasi semata-mata agar secara cepat dapat memudahkan pengambilan keputusan serentak mengenai hal-hal yang kompleks di lembaga legislatif,  menerobos hal-hal yang bersifat kontroversial dengan  membatasi perdebatan dan pengawasan, dituduh anti demokrasi, merupakan kompromi untuk menghemat anggaran dan  cenderung  tak terkendali  (unmanageable) serta akan berdampak negatif terhadap undang-undang lain yang sudah ada. Belum lagi sifatnya yang pragmatis yang bahkan dapat  bersifat tidak konstitusional.

Istilah "omnibus"   berasal dari bahasa Latin yang mengandung arti  untuk segalanya  (for everything), yang dalam hukum dimaknai sebagai perlunya satu dokumen tunggal yang mencakup bersama-sama suatu kombinasi subyek  yang beraneka ragam atas dasar beberapa kriteria  (Gunter, 2012).

Dalam hal ini, apabila OL  harus diartikan sebagai hukum yang mencakup topik yang bermacam-macam dan  sering tidak berkaitan satu sama lain (diverse or unrelated) yang  harus dikonsolidasikan dan disinkronisasikan,  maka dalam bidang hukum pidana, Kanada dicatat  pernah melakukannya yakni pada saat melakukan amandemen KUHP-nya  (Criminal Law Amendment Act, 1968-1969) yang setebal 126 halaman disertai 120 Amendment Clause. UU ini mengkonsolidasikan dan mensinkronisasikan  regulasi  yang  luas  berkaitan dengan homoseksualitas, prostitusi, aborsi,  perjudian, pengawasan senjata api dan mengemudi dalam keadaan mabuk.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Aliansi Nasional Reformasi KUHP menggelar diskusi media dengan mengusung tema "RKUHP: Periode Baru, Bahas dengan Pendekatan Baru", Minggu (17/11/2019), di Jakarta. Hadir sebagai narasumber (dari kanan ke kiri) Staf Divisi Pembelaan Kasus, Direktorat Advokasi Kebijakan Hukum dan HAM Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Tommy Indyan, pengajar Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) Andri Gunawan Wibisana, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FHUI 2019 Anissa Yusha Amalia, dan pengajar Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera Bivitri Susanti, dipandu staf komunikasi LBH Masyarakat Astried Permata. Kelompok masyarakat sipil berharap pembahasan RKUHP oleh pemerintah dan DPR dilakukan secara terbuka dan melibatkan publik.

UU ini mengkonsolidasikan dan mensinkronisasikan  regulasi  yang  luas  berkaitan dengan homoseksualitas, prostitusi, aborsi,  perjudian, pengawasan senjata api dan mengemudi dalam keadaan mabuk.

RKUHP dalam kerangka ini dapat didayagunakan sebagai  OL, karena visi dan misi  yang diembannya dalam kerangka rekodifikasi sistemik (bukan sekadar amandemen) dan proses dekolonialisasi, juga mencakup  sub-misi konsolidasi dan sinkronsasi peraturan hukum pidana, yang tersebar dan sering tidak sinkron satu sama lain, baik vertikal maupun horizontal,  karena sejak kemerdekaan KUHP warisan kolonial Belanda  (Wetboek van Strafrecht  voor Nederlandsch Indie) telah berkembang secara masif dan banyak menyimpang dari asas-asas hukum pidana umum yang diatur dalam kodifikasi. Perkembangan ini berkaitan baik dengan hukum pidana murni maupun hukum pidana administratif, termasuk peraturan daerah.

Sebagai semacam OL,  RKUHP yang berisi 628 pasal disertai  visi dan misi untuk  membangun KUHP nasional dengan  batas-batas ukuran pembenaran (margin of appreciation) atas dasar Pancasila, UUD  NRI 1945, hak-hak asasi manusia dan asas-asas hukum umum yang diakui masyarakat beradab (The general  principles of law recognized by civilized nations). Untuk itu, sekalipun sulit  dihapuskan secara total,  mitigasi sistemik terhadap penerapan sistem  keadilan retributif (retributive jusitice) yang bernuansa pembalasan terhadap pelaku tindak pidana  semata-mata, harus dilakukan dan   mengombinasikannya dengan  sistem keadilan restoratif (restorative justice) yang  memerhatikan juga dimensi korban tindak pidana, peranan masyarakat, perkembangan ilmu pengetahuan perilaku, HAM, riset empiris dan perkembangan   ilmu pengetahuan hukum pidana dan kriminologi universal.

Peranan Buku I RKUHP

Buku I  RKUHP memiliki kedudukan sangat strategis, karena substansi Buku I (Aturan Umum) berisi asas-asas hukum (legal principles) yang menyentuh secara mendasar reformulasi tiga permasalahan pokok hukum pidana, yaitu perumusan perbuatan yang dapat dipidana (criminal act), pertanggungjawaban pidana (criminal responsibility)  dan sanksi baik berupa pidana (punishment) maupun tindakan (treatment).  Asas-asas hukum  (legal principles)  yang sekaligus mengandung nilai-nilai  hukum (legal values) dan norma-norma hukum (legal norms) yang bernuansa keadilan hakiki, berbeda dengan norma yang bersifat umum.

Asas-asas hukum  (legal principles)  yang sekaligus mengandung nilai-nilai  hukum (legal values) dan norma-norma hukum (legal norms) yang bernuansa keadilan hakiki, berbeda dengan norma yang bersifat umum.

Koeksistensi (saling berdampingan) antara asas-asas hukum, norma hukum dan nilai hukum  dengan demikian merupakan konsensus dasar  masyarakat yang dipandang adil,   yang harus dirumuskan terlebih dulu sebelum hukum secara keseluruhan dirumuskan atau ditulis (Jordan DACI,   1997). Dengan demikian mustahil dapat memahami Buku II tentang Tindak Pidana secara keseluruhan tanpa lebih dulu memahami asas-asas hukum pidana yang tersurat dan tersirat di Buku I. Substansi Buku I dengan demikian merupakan mekanisme  pengendali secara  keseluruhan sistem hukum pidana, baik  di dalam maupun di luar kodifikasi.

Asas hukum pidana di RKUHP

Beberapa prinsip strategis dalam RKUHP yang merupakan asas atau mekanisme pengendali, yang sebelumnya tak dikenal dalam KUHP (WvS) warisan kolonial,  antara lain adalah sebagai berikut . Pertama, dalam pengaturan tindak pidana ditingkatkan akurasi dalam proses kriminalisasi, sehingga prinsip legalitas seperti tidak boleh berlaku surut (lex praevia), harus tertulis (lex scripta), prinsip kejelasan (lex certa),  dan  prinsip ketajaman, keketaatan dan larangan analogi (lex stricta) terpenuhi.

Untuk lima tindak pidana (tipikor, terorisme, pelanggaran berat HAM, pencucian uang dan tindak pidana narkotika) ditentukan sebagai Tindak Pidana Khusus dengan hanya memuat delik intinya saja (core crimes), karena erat kaitannya dengan berbagai konvensi internasional, adanya kandungan hukum acara khusus dan penyimpangan beberapa aturan  hukum pidana materiil serta adanya kelembagaan khusus (KPK, BNPT, Komnas HAM, PPATK, BNN),  masih bersifat dinamis untuk perubahan, tingkat viktimisasinya luas termasuk besarnya kutukan masyarakat (people condemnation)  nasional dan internasional.

RKUHP menempatkan UU terkait lima tindak pidana ini di luar kodifikasi secara lengkap  tanpa perubahan. Prinsip legalitas juga akan diterapkan bagi pengakuan hukum pidana adat  yang hidup di masyarakat adat tertentu  dalam bentuk Kompilasi Hukum Pidana adat.

Prinsip legalitas juga akan diterapkan bagi pengakuan hukum pidana adat  yang hidup di masyarakat adat tertentu  dalam bentuk Kompilasi Hukum Pidana adat.

Kedua, dalam pertanggungjawaban pidana,  secara pleno  atau umum  diatur bahwa korporasi dapat melakukan dan dipertanggungjawabkan dalam hukum pidana serta  dapat dijatuhi pidana dan tindakan di samping subyek manusia alamiah. Ketiga, pengaturan tentang tujuan pemidanaan dan hakikat pidana serta penegasan tentang perlunya pedoman  pemidanaan, baik terhadap orang maupun korporasi, untuk menghindari disparitas pidana.

Keempat, adanya pedoman  penerapan pidana penjara. Kelima, pengaturan tentang alternatif pidana penjara untuk menghindari efek buruk pidana penjara dan mengurangi kelebihan kapasitas penjara.  Contoh,  pidana pengawasan dan pidana kerja sosial, serta  perumusan  pidana denda dengan sistem kategori untuk menghindari  fluktuasi nilai mata uang dan keefektifannya dan memudahkan penerapannya. Keenam, pengaturan pidana mati, sebagai pidana khusus,  dan dengan syarat khusus dapat diubah menjadi pidana non-pidana mati (pidana mati bersyarat). Ketujuh,  perluasan sistem  tindakan yang bersifat mendidik. Kedelapan, perumusan pidana dan tindakan bagi anak (juvenile justice) . Kesembilan,   dengan metode tertentu dilakukan rasionalitas ancaman pidana (strafmaat).

 

Hal-hal lain yang baru

Penekanan pentingnya konsiderans untuk menyusun RUU KUHP yang memuat politik hukum untuk mewujudkan hukum pidana nasional berdasar Pancasila, UUD NRI 1945, HAM dan asas hukum umum yang diakui masyarakat beradab. Di samping itu ditegaskan pentingnya keseimbangan antara kepentingan negara, kepentingan umum, kepentingan individu, perlindungan terhadap pelaku  dan korban tindak pidana, juga antara unsur perbuatan dan sikap batin, antara kepastian hukum dan keadilan, antara hukum tertulis dan hukum yang hidup di masyarakat, antara nilai nasional dan universal, serta antara hak asasi dan kewajiban asasi manusia.

Adanya Penjelasan Umum dan penjelasan pasal demi pasal, yang secara yuridis merupakan tafsir resmi KUHP yang sangat  penting untuk menghindari  multi tafsir. Pengaturan Ketentuan Peralihan   mengharuskan setiap UU  yang memuat hukum pidana menyesuaikan dengan  Buku I  pada saat UU KUHP berlaku, dan Ketentuan Penutup  menegaskan  berbagai aturan hukum pidana yang  dinyatakan tak berlaku lagi dan beberapa konsekuensi perubahan  lain sejak KUHP baru berlaku dua tahun kemudian sebagai periode peralihan (engagement period), untuk mengatur pelaksanaan  proses peralihan dan sosialisasi, baik bagi masyarakat maupun penegak hukum sebagai calon adresat norma. Sikap  kehati-hatian  yang dilakukan secara   profesional dalam proses dan evaluasi selama lebih dari 40 tahun  dengan berkesinambungan jelas dapat memitigasi kelemahan OL di atas, sehingga misi konsolidasi dan sinkronisasi dapat tercapai secara efektif.

Muladi, Tim Ahli Pemerintah dalam Perumusan RKUHP.

Kompas, 27 November 2019

Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger