Cari Blog Ini

Bidvertiser

Kamis, 28 November 2019

MUSIK: Jazz Ambyar di Ngayogjazz (FRANS SARTONO)


KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI

Suasana arak-arakan dalam pembukaan perhelatan Ngayogjazz 2019 di Padukuhan Kwagon, Desa Sidorejo, Godean, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, pada Sabtu (16/11/2019). Festival tahunan yang salah satunya digagas oleh almarhum Djaduk Ferianto ini memasuki penyelenggaraan ke-13.

Sehari sebelum pergi untuk selamanya, Djaduk Ferianto lewat telepon sempat wanti-wanti pada saya untuk datang di Edu Concert di ajang Ngayogjazz. Di  sana tutur Djaduk, Idang Rasjidi Bersama Djaduk akan bernyanyi dan bicara tentang musik di tengah kehidupan masyarakat.

Namun, Djaduk meninggal pada 13 November 2019 atau 3 hari sebelum Ngayogjazz digelar. Akan tetapi sosoknya tetap hadir di panggung.

Setidaknya, di sana disiapkan satu set perangkat perkusi yang sedianya akan dimainkan Djaduk. Dengan sangat emosional Idang tampil dan seolah-olah Djaduk berada di sampingnya bermain perkusi.

Dia memainkan lagu pilihan Djaduk seperti "Jenang Gula" yang aslinya berupa langgam jawa. Juga lagu "Gambang Semarang" yang melodinya ada unsur warna mandarin.

FRANS SARTONO

Idang Rasjidi memberi Edu Concert di Ngayogjazz 2019.

Lagu-lagu semacam itu  selama ini tidak menjadi "domain" atau wilayah repertoar Idang. Djaduk memang seperti menantang energi kreatif Idang sebagai musisi Jazz. Idang pun menyambut dengan penuh rasa bersahabat.

"Jazz itu menyambut dan terbuka pada siapa saja, pada musik apa saja," kata Idang.

Di tangan Idang  yang bermain Bersama gitaris kawakan Oele Patisellano, "Jenang Gula" serta "Gambang Semarang" itu berubah rasa menjadi "jenang jazz" dan "gambang jazz."

Jenang adalah makanan serupa bubur  kental. Ada bagian-bagian tertentu dalam aransemen lagu yang seakan menjadi ruang yang dimainkan Djaduk. "Ayo Duk..mainkan.." kata Idang.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Djaduk Ferianto, semasa hidup, di studio musik kompleks Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Kecamatan Kasihan, Bantul, DI Yogyakarta, Rabu (18/7/2018).

Dan terdengarlah perkusi dari suara Idang menirukan bunyi perkusi. "Itu perkusi saya taruh di panggung. Artinya, kalau orang meninggal, bukan berarti kita putus silaturahmi," kata Idang.

"Yang dimakamkan itu hanya 'baju'- nya. Tapi jiwanya ada di sini. Jadi ini merupakan the real tribute to Djaduk," kata Idang melanjutkan.

Apa yang disebut sebagai Edu Concert itu menjadi "emotional concert". Bukan hanya bagi Idang, tapi juga hadirin. Termasuk Petra, istri almarhum Djaduk yang berada di sekitar panggung.

Petra kemudian diajak naik ke pentas untuk bernyanyi bersama Idang. Lagunya adalah "Mau Di Bawa Ke Mana" dari band Armada yang tampak sekali dikuasai benar oleh penonton yang melakukan sing along alias koor massal.

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Musisi memeriahkan pembukaan Ngayogjazz di Desa Kwagon, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Sabtu (16/11/2019). Acara musik tahunan yang membawa tema Satu Nusa Satu Jazz-nya menampilkan musisi dari dalam negeri dan mancanegara.

Djaduk memilih lagu kondang itu dengan penekanan pada bagian lirik yang berbunyi "Mau dibawa ke mana hubungan kita…." Dalam interpretasi Idang, bagian lirik tersebut menjadi pesan Djaduk tentang menata hubungan antar manusia di negeri ini.  Amarah, kekerasan, kata Idang digunakan sebagai cara.

"Situasi di sekitar kita ini kenapa ada orang-orang yang keras-keras. Seperti tidak ada satu media pun yang bisa masuk ke relung hati orang.  Kenapa string tak pernah dimainkan.." kata Idang.

Ia menggunakan idiom string untuk menyebut dawai halus perasaan manusia. "Orang-orang kalau bicara begitu tajem. Semua mau menang, tetapi enggak mau mendengar," kata Idang yang percaya bahwa pesan itu bisa disampaikan lewat lagu. Termasuk lewat perhelatan seperti Ngayogjazz ini.

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Penonton duduk dengan latar belakang instalasi bambu saat menyaksikan Ngayogjazz di Desa Kwagon, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Sabtu (16/11/2019). Suasana pedesaan menjadi daya tarik penyelenggaraan Ngayogjazz.

Didi Kempot

Semangat yang sama juga disampaikan Butet Kartaredjasa di atas panggung saat itu. Ketika itu, Didi Kempot tampil Bersama Kua Etnika, kelompok musik yang dibentuk Djaduk.

Ia bertutur tentang cara kekerasan, yang diyakini sementara orang sebagai jalan mulia. Bagi Butet musik adalah salah satu jalan, bahasa yang bisa menyentuh perasaan manusia.

"Kalau mendengar kegembiraan di atas panggung Bersama Didi Kempot ini, Djaduk pasti seneng banget. Kita mengantarkan Djaduk dengan kegembiraan. Berangkat ke surga bisa dengan kegembiraan," kata Butet.

Bisa dikatakan, itulah puncak perhelatan Ngayogjazz dimana pesan damai lewat musik disampaikan. Di sana ribuan rakyat tumplek blegmenyambut Didi Kempot, super starberjuluk Godfather of the Broken Heart.

FRANS SARTONO

Didi Kempot dari belakang panggung saat tampil di Ngayogjazz 2019.

Apakah mereka nelangsa dalam ke-patah hati-an? Penonton tumpah riah dalam suka cita dalam lagu "Bojo Anyar " atau Istri Baru, kisah seseorang yang dikhianati pacar, dan memamerkan pasangan barunya.

Mereka menyanyi, menari, meneriakkan senggakan atau sisipan lagu. Senggakan itu berubah menjadi semacam yell kegembiraan. Yell yang disebut sebagai "Cendi Dawet" itu menjadi sub bagian lagu "Pamer Bojo" .

Ironis memang jika ditilik dari segi isi lagu dan ekspresi publik. Lagu tentang sakit hati, tapi disambut dengan suka hati. Bukan sumpah serapah dan rasa benci.

Begitu juga lagu "Sewu Kuto" (ciptaan Ari Wibowo), dan "Stasiun Balapan" yang semuanya bicara soal ditinggal pacar, audiens tetap gembira. Mereka memlih jalan suka cita, cara bahagia.

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Penonton memadati panggung utama saat pembukaan Ngayogjazz di Desa Kwagon, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Sabtu (16/11/2019). Ngayogjazz menghadirkan sejumlah panggung yang tersebar di beberapa tempat di tengah kawasan pedusunan.

Para penggemar Didi Kempot itu menamakan diri sebagai Sobat Ambyar. Dalam lagu "Ambyar", Didi menyebut "Wes kebacut ambyar, remuk sing ati/ Opo ngene sing jenenge korban janji" (Sudah telanjur ambyar/ kacau, remuk di dalam hati/ Apa seperti ini yang namanya korban janji).

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,ambyar dijelaskan sebagai bercerai-berai, berpisah-pisah, tidak berkonsentrasi lagi. Di arena Ngayogjazz, kaum ambyar itu tidakambyar. Mereka tertib, damai, dan gembira.

Dalam pandangan Djaduk, lagu-lagi Didi Kempot mewakili semangat kaum tertindas dalam bentuk apapun.

"Entah itu orang yang patah hati. Entah orang kapusan (tertipu). Semangat itu yang saya ambil," kata Djaduk dalam percakapan via telepon sehari sebelum meninggal.

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Suasana pedesaan dengan perkampungan serta hamparan sawah menjadi ciri khas Ngayogjazz di Desa Kwagon, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Sabtu (16/11/2019). Kehadiran Ngayogjazz menghadirkan musik jazz yang dapat diterima seluruh kalangan pecinta musik.

Begitulah, lagu mengungkapkan  suara kaum tertindas, korban penipuan, pengkhianatan, tapi mereka tetap gembira. Mungkin benar kata Idang, musik bisa menyentuh perasaan manusia.

Setidaknya menyentuh rasa bahagia. Di tengah kerumunan ribuan manusia yang rapat berdiri itu, tidak ada keributan. Semua bergembira dalam satu keluarga besar di pentas musik. Apapun jenis musiknya, karena musik tidak ber-KTP yang mengidentifikasi manusia dan berbagai jenis.

Salam Damai Dari Kwagon

Sore yang ramah di Padukuhan Kwagon. Matahari merah menembus rimbun dedaunan. Ada Bukit kecil di antara sawah-sawah hijau. Padukuhan Kwagon yang berada di Desa Sidorejo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta itu berjarak sekitar 12 Kilometer ke arah Utara Malioboro.

Di salah satu sudut padukuhan, bendera merah putih berkibar di tiang yang cukup tinggi. Di bawahnya tertera tulisan Satu Nusa Satu Jazz-nya. Itulah tema besar Ngayogjazz 2019 yang digelar di Kwagon.

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Panggung terbuka dengan hiasan bambu di kelilingi sawah menjadi daya tarik Ngayogjazz di Desa Kwagon, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Sabtu (16/11/2019). Musik Jazz yang dibawakan sejumlah band dan artis ini melebur dengan suasana desa.

Digelar sejak 2007, Ngayogjazz memang menjadikan desa sebagai panggung. Bukan sekadar arena, Desa menjadi pemain utama Ngayogjazz. Setidaknya, atmosfer dengan semilir angin, dan kehidupan desa memberi sentuhan khas sebuah perhelatan musik.

Bayangkan, di tengah rerimbunan pohon, dalam suasana remang-remang malam, mengalun lagu "Ndherek Dewi Maria". Lagu kesukaan Djaduk itu dibawakan Frau, penyanyi dan pianis perempuan yang bernama Leilani Hermiasih.

Tersentuh oleh suara bening Frau, Helena, seorang pengunjung meninggalkan meja makan. Padahal, ia sudah memesan Bakmi Jowo Tembi, tak jauh dari panggung Empyak, tempat Frau bernyanyi.

Ia bergabung dengan kerumunan puluhan orang yang menyimak Frau yang tampak bernyanyi dengan penuh penghayatan. Denting piano satu-satu mengantar lagu itu ke keheningan malam.

FRANS SARTONO

Penyanyi Frau tampil di bawah rimbun pepohonan dalam Ngayogjazz 2019.

Itulah Ngayogjazz. Suasana Desa ikut berperan dalam menciptakan suasana. Di sana tampil, antara lain Mus Mujiono, Indro Hardjodikoro, Tompi, dan Nona Ria. Tampil pula kelompok dari luar negeri seperti Eym Trio dari Perancis,  Baraka (Jepang), dan Arp Frique (Belanda).

Gitaris Dewa Budjana merasakan pengunjung sangat apresiatif pada penampilannya. Mereka mau datang ke Ngayogjazz, bukan hanya menikmati musik, tetapi juga merasakan suasana desa.

Idang Rasjidi terkesan dengan keramahan warga padukuhan yang dengan tulus menyilakannya mampi ke rumah untuk sekadar ngopi. Suasana guyup, kekeluargaan memang sangat terasa di Ngayogjazz.

Sejumlah seniman lukis yang menjadi bagian tak terpisahkan dalam pergaulan sosial di Yogyakarta ikut meng-grudug atau berbondong-bondong mendatangi Ngayogjazz. Mereka melukis sosok diri Butet. Juga membuat lukisan, sketsa, dan karikatur Djaduk.

FRANS SARTONO

Sejumlah pelukis sedang melukis sosok Butet Kartaredjasa di ajang Ngayogjazz 2019.

Dikatakan Butet, meski Djaduk telah berpulang, bukan berarti berhentinya penyelenggaraan Ngayogjazz berakhir. "Semua mengikhlaskan Djaduk pergi. Djaduk telah memberi rabuk yang luar biasa. Tidak ada alasan Ngayogjazz akan berhenti," kata Butet.

Rabuk persaudaraan dan kegembiraan dalam musik, bagi siapa saja yang baik maksudnya…


Kompas, 28 November 2019

Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger