Cari Blog Ini

Bidvertiser

Minggu, 16 Januari 2011

Orang Batak Kecam Rencana Pemberian Gelar Raja Batak untuk SBY

http://www.tribunnews.com/mobile/index.php/2011/01/16/orang-batak-kecam-rencana-pemeberian-gelar-raja-batak-untuk-sby

Orang Batak Kecam Rencana Pemberian Gelar Raja Batak untuk SBY

Minggu, 16 Januari 2011 11:58 WIB

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alie Usman

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ratusan warga etnis Batak yang tergabung dalam Aliansi Batak Seluruh Indonesia (ABSI), Minggu (16/1/2011), turun ke jalan memprotes dan mengecam rencana pemberian gelar Raja Batak untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mereka memulai aksi dengan mengelilingi Bundaran HI sebelum bertolak ke Istana Negara.

Mereka merasa, rencana TB Silalahi yang ingin memberikan gelar Raja Batak tersebut telah melecehkan warga keturunan etnis Batak. Mereka menganggap rencana pemberian gelar sarat kepentingan politis serta tidak pantas dan tidak pada tempatnya.

"Apalagi SBY bukan merupakan keturunan (suku) Batak. Yang lebih penting, SBY juga tidak memiliki jiwa ksatria seperti yang dimiliki warga Batak. Ini bisa menurunkan citra suku Batak. Kami menolak dan mengecam keras rencana itu," ujar koordinator aksi, Frans Pangaribuan.

Selain menilai sosok pribadi SBY tidak pantas menerima gelar tersebut, mereka juga menganggap SBY yang menurut para pemuka Agama di Indonesia merupakan tukang bohong, tidak bisa seenaknya menjadi raja bagi orang Batak.

"Kami orang Batak banyak dibohongi SBY. Yang paling mudah diingat adalah janji SBY yang mau menyelesaikan dan mengusut kasus HKBP yang hingga kini tak jua ada realisasinya. Tukang bohong macam SBY tak pantas dapat gelar Raja Batak," ujar Frans.(*)



Penulis : Alie Usman

Editor : Juang Naibaho

http://www.tribunnews.com/mobile/index.php/2011/01/16/sby-tak-punya-jasa-apapun-terhadap-orang-batak

SBY Tak Punya Jasa Apapun Terhadap Orang Batak

Minggu, 16 Januari 2011 12:07 WIB

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alie Usman

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemberian gelar Raja Batak bagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dinilai warga Batak merupakan bentuk pelecehan yang dilakukan TB Silalahi terhadap suku Batak. Tak hanya itu, TB Silalahi juga dituding sebagai antek SBY yang jadi biang kerok lantaran ingin menjual Batak kepada elit kekuasaan hanya untuk kepentingan pribadinya.

Hal itu disampaikan Frans Pangaribuan, koordinator gerakan Aliansi Batak Seluruh Indonesia (ABSI), yang mengecam keras pemberian gelar kehormatan tersebut. Apalagi, menurut ABSI, SBY tak punya secuil jasa pun terhadap warga Batak.

"Pemberian gelar ini sungguh tidak pantas. SBY bukan orang Batak. Dia juga tidak punya jasa apapun bagi warga Batak. Ini hanya sebuah politisasi etnis Batak yang dilakukan antek-antek SBY macam TB Silalahi itu," ujarnya pada Tribunnews.com di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (16/1/2011).

Selain karena SBY bukan orang Batak dan tidak punya jasa apapun bagi Batak, mereka juga punya satu alasan kuat lainnya yang menolak SBY diberi gelar kehormatan tersebut. Menurut Frans, alasan itu tak lain adalah orang batak benci Presiden tukang bohong.

"SBY tidak pantas menerima satupun gelar yang berasal dari masyarakat suku Batak manapun. Orang Batak benci Presiden pembohong. Apalagi jelas, kebohongan SBY bahkan diakui para pemimpin agama. Masa iya tokoh agama bohong menuduh SBY tukang bohong. Jika sudah tokoh agama bilang SBY tukang bohong, berarti itu sudah parah," ujarnya.



Penulis : Alie Usman

Editor : Gusti Sawabi
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

__._,_.___
Recent Activity:
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger