Cari Blog Ini

Bidvertiser

Sabtu, 20 September 2014

Plagiarisme di Perpustakaan (Gugun El Guyaniey

Sebagai salah seorang pengunjung perpustakaan, baik perpustakaan milik kampus maupun perpustakaan daerah dan milik swasta, saya terkejut ketika menemukan sebuah buku dan makalah yang isinya hampir sama dan ditulis oleh penulis yang berbeda.
Sebagai pembaca buku yang intens membuka-buka referensi, baik buku cetak maupun berkelana di internet, saya menduga ada penjiplakan di antara keduanya. Namun, siapa yang menjadi pelaku plagiarisme dan siapa yang menjadi korban, saya belum sempat melacaknya secara mendalam.

Karya yang pertama berupa makalah untuk tugas kuliah Program S-2 Filsafat UGM yang ditulis Ellen Christiani Nugroho: Filsafat Ilmu Archie J Bahm. Karya kedua berupa buku yang ditulis Cecep Sumarna, dosen IAIN Syekh Nurjati, Cirebon: Filsafat Ilmu, Dari Hakikat Menuju Nilai. Makalah Ellen ditulis pada 2001, sedangkan buku Cecep Sumarna terbit pada 2004. Dari tahun terbit, tentu yang terbit belakangan bisa diduga sebagai pelaku. Namun, ini pun butuh investigasi lebih mendalam.

Sebagai insan akademik, saya sangat prihatin hal tersebut terjadi, bahkan dilakukan sesama insan terdidik. Semoga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sempat membaca surat ini untuk menindak kejahatan intelektual berupa plagiarisme demi menjunjung tinggi martabat dunia akademik di negeri kita tercinta ini.

Gugun El Guyanie
Krapyak Kulon, RT 001, Panggungharjo, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta

Sumber: http://print.kompas.com/KOMPAS_ART0000000000000000008925497
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger