Bicara budaya berlalu lintas, salah satu hal yang perlu mendapat perhatian adalah masih seringnya kendaraan umum berhenti di sembarang tempat. Halte yang tersedia tidak dianggap sebagai tempat perhentian untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.
Seiring berbagai usaha pembenahan sarana transportasi umum, khususnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kiranya sudah saatnya pihak yang berwajib juga menegakkan peraturan agar semua moda angkutan umum berdisiplin menaikkan dan menurunkan penumpang di tempat semestinya.
Jika dilaksanakan, kebijakan pendisiplinan ini tidak hanya akan mendidik para pengemudi angkutan umum, tetapi juga mendidik masyarakat penumpangnya. Mereka pun harus dibiasakan menunggu, naik, dan turun di halte yang tersedia.
Salut atas usaha keras Pemprov DKI Jakarta dalam membenahi angkutan umum di Ibu Kota. Jumlah bus transjakarta dengan kualitas yang lebih baik terus bertambah, bus mikro Kopaja mulai diremajakan dan dilengkapi penyejuk udara, metro mini dirangkul untuk bergabung dalam sistem transportasi umum terpadu, serta pengemudinya besertifikat dan digaji tetap sehingga tidak lagi dibebani target setoran. Semua demi pelayanan penumpang.
Semoga tahun 2016 tercipta budaya berlalu lintas yang lebih baik.
S SANUSI SIDI, CIPINANG MUARA, JAKARTA TIMUR
Tagihan Ganda
Saya berlangganan paket kuota internet Indosat 2,5 GB/bulan. Namun, pada tagihan November (jatuh tempo 18 November 2015) dan Desember (jatuh tempo 19 Desember 2015), seluruh pemakaian internet saya kena tarif Rp 1/KB meskipun jumlah pemakaian internet tidak melewati 2,5 GB. Pemakaian pada November 2015 tercatat 875 MB dan Desember 1 GB.
Saya laporkan masalah itu 4 Desember lewat surat elektronik dan telepon ke bagian layanan pelanggan (customer service/CS) Indosat. Mereka mengakui telah terjadi kesalahan proses tagihan ke pelanggan pasca bayar mulai November 2015. Indosat lalu mengoreksi tagihan pada 5 Desember dan meminta saya membayar di Galeri Indosat untuk menghindari pembayaran ganda. Biasanya tagihan masuk ke kartu kredit Bank Permata saya.
Saat membayar di Galeri Indosat di Gedung Sarinah, Jakarta, 7 Desember 2015, ada pelanggan lain mengalami hal sama. Hari itu juga saya kirim surel ke CS Indosat agar tidak ada lagi penagihan ke kartu kredit.
Namun, 10 Desember, saya masih menerima pesan singkat (SMS) dari Bank Permata bahwa telah terjadi pembayaran tagihan Indosat.
Saya menghubungi CS Indosat, ia meminta saya mengirim surat ke Indosat untuk meminta pengembalian kelebihan dana. Surat saya buat dan kirim 10 Desember. Pada hari yang sama, petugas CS Indosat bernama Reza mengatakan, kelebihan dana akan dikembalikan ke rekening saya paling lama 14 hari.
Sebelum mengirimkan surat ini pada 24 Desember, saya menelepon CS Indosat untuk menanyakan pengembalian dana itu. Oleh penerima bernama Ibu Dira dijawab bahwa Indosat hanya bisa mengusahakan secepatnya dan tidak bisa memberikan kepastian.
ANDREAS YONATHAN, METRO PERMATA, KARANG TENGAH, TANGERANG
Pembangunan di Lahan Hijau
Pemprov DKI saat ini gigih menambah ruang terbuka hijau. Jika perlu, dengan merobohkan bangunan liar atau membeli lahan warga. Namun, hal sebaliknya justru terjadi pada lahan milik pemda di lingkungan Perumahan Tebet Mas, Jakarta Selatan. Tiba-tiba, ada kegiatan pembangunan rumah mewah di sana.
Pembangunan di lahan terbuka hijau itu akan membuat Perumahan Tebet Mas yang sudah padat bertambah padat. Apalagi jika seluruh lahan kosong seluas 5.000 meter persegi tersebut dikomersialkan.
SYARIFUDIN SS, KP SUKASARI, CIRANJANG, CIANJUR
Tanggapan JNE
Kami ingin menanggapi surat Bapak Christian Tanuwijaya berjudul "Paket Terlambat" (Kompas, 27/11/15).
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Sebagai bentuk tanggung jawab, kami telah menghubungi Bapak Christian untuk menjernihkan duduk perkaranya.
Kami juga menginformasikan bahwa proses penggantian telah dilakukan pada 11 Desember 2015 dan masalah ini sudah berakhir dengan baik.
Kritik dan saran bisa disampaikan ke layanan pelanggan (customer care) 021-29278888 dan customercare@
HENDRIANIDA PRIMANTI, HEAD OF MEDIA RELATIONS DEPT JNE EXPRESS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar