Cari Blog Ini

Bidvertiser

Selasa, 12 April 2016

Konser Musik Nasional//Ponsel Rusak di Masa Garansi//Kecewa Layanan Kantor Imigrasi (Surat Pembaca Kompas)

Konser Musik Nasional

Baru-baru ini ada tayangan di salah satu televisi dengan judul "Konser Musik Nasional Indonesia". Hampir seluruh artis papan atas tampil dalam acara tersebut. Yang sangat disayangkan, justru di puncak acara yang menurut presenter untuk mengenang Ireng Maulana (almarhum), tampil Trio Lestari (Glenn Fredly, Tompi, dan Sandhy Sondoro) membawakan lagu yang tidak ada kaitannya dengan karya cipta almarhum.

Bahkan, tribute atau lagu penghormatan untuk musisi legendaris itu—disadari atau tidak—adalah lagu jiplakan dari musisi Amerika, Ramsey Lewis (instrumentalia), "You Are the Reason" yang menjadi lagu berjudul "Tersiksa lagi".

Lagu tersebut asli jiplakan baik intro, notasi lagu, interlude sampai koda, dibawakan Christ Kayhatu (almarhum).Plek, persis seperti aslinya. Mungkin generasi muda, seperti Trio Lestari belum mengetahuinya.

Perlu diingatkan jangan sampai terjadi lagi kasus lagu "We Will Rock You" yang dijiplak untuk kampanye pilpres sehingga akhirnya Queen sebagai pemilik lagu "We Will Rock You" menuntut.

Kasus seperti ini sangat memalukan apalagi melibatkan artis-artis generasi sekarang yang sebenarnya diharapkan bisa menyempurnakan karya cipta generasi terdahulu. Jangan ikut-ikutan memanipulasi karya orang lain dan kemudian dianggap sebagai miliknya.

Ayo bangkit anak muda. Jangan ikut-ikutan kurang etis.

DARMAWAN SOEDARSONO

Jl Cisadane, Wonokromo, Surabaya

Ponsel Rusak di Masa Garansi

Pada 12 Juli 2015, saya memasukkan iPhone 5c 64gb untuk diperbaiki di Erafone MOI dan dijanjikan paling lama tiga bulan. Keluhan pada iPhone saya sebenarnya sudah muncul sejak pembelian pertama: layar goyang dan tidak rekat, kamera belakang menampilkan layar ungu.

Saya terus mengecek ke layanan pelanggan Erafone MOI, tetapi tidak ada satu pun yang bisa menjawab tentang iPhone saya. Akhirnya saya mendatangi Erafone MOI setiap minggu.

Beberapa bulan kemudian layanan pelanggan iPhone sudah ditangani di iBox MKG dan saya dianjurkan untuk menanyakan langsung ke iBox MKG.

Di iBox MKG, saya diberitahu bahwa unit yang sudah diproses oleh Erafone MOI akan diproses pula di Erafone MOI dan begitu pula sebaliknya. Hingga kini, saya tidak mendapat kabar iPhone saya dari kedua tempat itu.

Saya sangat kecewa dengan pelayanan iBox dan Erafone, mulai dari layanan pelanggan yang tidak responsif, lambat, dan buruknya sistem pelayanan, hingga tidak adanya kepedulian terhadap pelanggan.

Padahal, harga iPhone 5c 64gb tidaklah murah. Saya sudah menawarkan opsi untuk mendapatkan ganti rugi berupa uang tunai, atau penggantian unit yang setara, sampai reparasi. Namun, tidak ada solusi.

STELA WIJAYA

Pulau Gebang Permai, Cakung, Jakarta Timur

Kecewa Layanan Kantor Imigrasi

Saya kecewa dengan pelayanan Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur. Saya mendaftar secara online dengan harapan prosesnya lebih efsien.

Setelah semua proses online saya ikuti, termasuk mentransfer biaya perpanjangan paspor melalui ATM BNI, saya pun datang sesuai jadwal ke Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur, 29 Maret 2016. Ternyata antrean untuk onlinesama banyaknya dengan yang manual.

Proses berikutnya adalah wawancara yang antreannya disatukan dengan pendaftar manual. Ternyata saat wawancara, saya mengalami masalah. Ini karena KTP saya adalah KTP Tasikmalaya sehingga saya diminta surat domisili. Saya tinggal di Pondok Kopi, Jakarta Timur, dan saya melampirkan buku nikah dan surat untuk proses perpindahan KTP dari Tasikmalaya ke KTP Jakarta Timur. Syarat mencantumkan surat domisili ini tidak tercantum dalam informasi pengurusan online. Bahkan, di spanduk yang terpampang di kantor imigrasi pun tidak ada.

Saya diwawancarai Ibu Indah, dan ia yang menyarankan untuk membuat surat domisili. Tanpa keterangan yang cukup, saya memproses ke RT. Ternyata ketika saya datang lagi pada Jumat, 1 April, surat domisili harus dibuat di kelurahan. Ketika saya komplain, kenapa tidak diinformasikan dari awal, ia beralasan banyak pekerjaan dan bukan cuma saya yang dilayani.

FREDY CHANDRA KUSUMAH

Malaka Country Estate, Jakarta Timur

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 12 April 2016, di halaman 7 dengan judul "Surat Kepada Redaksi"

Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger