Cari Blog Ini

Bidvertiser

Jumat, 02 Desember 2016

Asap Rokok di ITC//Penjelasan HSBC//Kesalahan Nama//Tiket Bodong (Surat Pembaca Kompas)

Asap Rokok di ITC

Sebagai penyewa toko, saya sudah dua kali komplain kepada manajemen ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan, tentang gangguan asap rokok. Sudah berkali-kali penyewa di dekat saya dipergoki dan ditegur petugas keamanan saat sedang merokok, tetapi terus berulang.

Bahkan, suatu ketika, penyewa itu marah dan mengajak berkelahi petugas yang menegurnya. Saya sudah bosan karena bekali-kali menyampaikan kepada bagian layanan pelanggan ITC Permata Hijau, jawabannya selalu sama. "Kami hanya bisa mengimbau agar tidak merokok, tetapi jika membandel kami tidak bisa memberi sanksi."

Padahal, ITC singkatan dari international trade center, anak perusahaan besar yang seharusnya bisa memberikan jaminan kenyamanan berbelanja dan berdagang yang bebas asap rokok sesuai Peraturan Daerah DKI Jakarta.

Pihak manajemen ITC Permata Hijau dalam hal ini tidak berani dan lemah terhadap perokok di dalam mal, yang dapat berdampak pada gangguan kesehatan, baik pengunjung maupun penyewa mal.

P LIANG

ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan

Penjelasan HSBC

Sehubungan dengan surat di Kompas(9/11) berjudul "Kartu Kredit" yang disampaikan Bapak Wishnu Kusuma, pihak HSBC telah mengidentifikasi kesalahpahaman yang terjadi.

Kami sudah menghubungi Bapak Wishnu Kusuma untuk memberikan penjelasan sekaligus mengambil langkah-langkah perbaikan untuk peningkatan pelayanan pada masa mendatang.

YUNIKA KURNIAWAN

Head of Customer Experience and Relations HSBC Indonesia

Kesalahan Nama

Menanggapi surat pembaca "Tunjangan Belum Cair" dari Saudara Yustinus Trijaka (Kompas, 8/10), kami sampaikan, kesalahan nama Saudara Yustinus Trijaka di rekening bank penerima berakibat tunjangan profesi guru yang ditransfer ke rekening saudara ditolak bank penerima.

Untuk menindaklanjuti penolakan ini, pada 28 September 2016 Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah mengirim surat kepada dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota terkait untuk perbaikan. Mohon yang bersangkutan melapor kepada dinas pendidikan setempat.

ASIANTO SINAMBELA

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemdikbud

Penjelasan Telkomsel

Terkait surat "Tagihan Telkomsel" dari Bapak Indera Nababan (Kompas, 21/11) tentang ketidaksesuaian tagihan Kartu Halo, Telkomsel telah memeriksa kendala yang dialami pelanggan dan telah memberikan penjelasan kepada pelanggan saat datang ke Grapari Pondok Bambu sekaligus memberikan solusi.

Pelanggan menerima dan memahami penjelasan yang kami sampaikan. Terima kasih atas saran dan kritik untuk perbaikan kami ke depan.

DENNY ABIDIN

General Manager Corporate Communications, PT Telekomunikasi Selular

Tiket Bodong

Pada 14 April 2016 saya dan suami membeli tiket pesawat Jakarta-Dar Es Salaam (kode pemesanan YA3AFY) via Bangkok dan Addis Ababa di laman Nusatrip.com. Pesawat yang digunakan adalah Egypt Air dan Ethiopian Airlines.

Saat keberangkatan, 7 Agustus 2016 di Bandara Soekarno Hatta, kami datang empat jam sebelum keberangkatan. Ketika mengecek di konter pelaporan penumpang, tidak ada satu staf pun yang tahu penerbangan Egypt Air.

Kemudian, seorang staf di konter pelaporan menginformasikan bahwa Egypt Air sudah beberapa bulan tidak melayani jalur Jakarta. Hari itu kami batal naik Egypt Air dan terpaksa beralih ke maskapai lain dengan harga hampir dua kali lipat.

Kami kemudian mengirim surat elektronik ke Nusatrip. Tanggal 16 Agustus 2016 Nusatrip baru mengabari apabila penumpang segmen Jakarta-Bangkok telah dialihkan ke Malaysia Airlines. Nusatrip hanya berjanji akan membantu pengembalian dana penuh untuk Jakarta-Bangkok dan untuk Bangkok-Dar Es Salaam hanya biaya pembatalan.

Kami tidak menerima usulan ini. Tak hanya nilainya kecil, tetapi karena Nusatrip sungguh tidak menghargai pelanggannya. Akibat kesalahan itu, kami direpotkan sejumlah urusan.

Beberapa kali kami mengirim surat elektronik kepada Nusatrip tetapi tak ada tanggapan berarti. Hingga hari ini, Nusatrip tidak menunjukkan itikad baik untuk menyelesaikan kasus ini.

FLORY SANTI

Delatinos BSD City

Tangerang Selatan

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 2 Desember 2016, di halaman 7 dengan judul "Surat Kepada Redaksi".

Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger