Cari Blog Ini

Bidvertiser

Selasa, 10 November 2020

PEMILU AS: Untuk Pendukung Biden, Jendela Kemenangan Terlihat (SIMON SARAGIH)


HANDINING

Simon Saragih, wartawan senior Kompas

Bagi pendukung Joe Biden, peta kemenangan dan tabulasi suara menunjukkan jalan kemenangan bagi Biden. Mengapa? Untuk memenangi pertarungan pemilu presiden AS 2020, dibutuhkan minimal 270 dari 538 suara elektoral. Dan, Biden mulai unggul di beberapa negara bagian kunci yang tersisa. Peta jalan menuju 270 suara elektoral itu terbuka.

Situs televisi Fox News dan kantor berita Associated Press (AP) sudah memperlihatkan keunggulan Biden dalam peta perolehan suara sejauh ini. Fox News dan AP sama-sama menunjukkan perolehan suara untuk Biden sebanyak 264 suara elektoral.

Peta kemenangan yang disajikan situs televisi CNN memperlihatkan baru ada 253 suara elektoral bagi Biden. Perbedaan perolehan suara elektoral CNN dengan Fox News dan AP terletak pada 11 suara elektoral dari Negara Bagian Arizona. CNN belum memasukkan 11 suara ini sehingga suara untuk Biden 253. Sementara suara elektoral untuk petahana Presiden Donald Trump baru mencapai 214.

Lalu di mana jendela kemenangan Biden? Ini terletak pada perkembangan penghitungan suara di Pennsylvania asal Biden. Hingga Sabtu (7/11/2020) pagi WIB, jumlah suara di Pennsylvania yang sudah dihitung sejauh ini menunjukkan keunggulan Biden. Ada 3.334.633 suara pemilih untuk Biden dan 3.307.459 suara untuk Trump.

AP PHOTO/CAROLYN KASTER

Kandidat presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, dan calon wakil presiden Kamala Harris, dalam acara di Wilmington, Delaware, 6 November 2020. Biden mulai unggul di negara bagian kunci untuk mengamankan suara elektoral yang dibutuhkan dalam pemilihan presiden AS.

Artinya, ada selisih kemenangan sebanyak 27.174 suara untuk Biden. Berapa banyak lagi kertas suara di Pennsylvania yang tersisa untuk dihitung? "Menurut Secretary of State Pennsylvania (Kathy Boockvar) masih ada 102.541 suara yang terisa dan segera dihitung," demikian diberitakan harian The New York Times, Jumat (6/11).

"Tampaknya tidak ada keraguan untuk kemenangan Biden begitu suara tersisa selesai dihitung," demikian NYT. Diduga kuat, 76 persen porsi suara yang masih tersisa untuk dihitung itu cenderung Demokrat, atau untuk Biden, dan hanya 23 persen untuk Trump.

Baca juga: Teringat Ketika McCain Beri Ucapan Selamat kepada Obama

Nah, ada 20 suara elektoral dari Pennsylvania. Jika ini ditambahkan dengan 253 suara versi CNN, Biden meraih 273 suara elektroal. Ini sudah melampaui 270 batas kemenangan. Jika diikutkan versi Fox News dan AP, dengan memasukkan 20 suara elektoral dari Pennsylvania itu akan membuat Biden meraih 283 suara elektoral.

Masih ada penghitungan suara yang berlanjut di Arizona, Nevada, dan Georgia, yang juga sudah menjadi biru muda sejauh ini. Artinya, ada kecenderungan suara diraih Biden. Akan tetapi, jika Trump, misalnya, akhirnya meraih suara di Nevada, Arizona, dan Georgia, Biden tetap memang. Selisih di Georgia sangat tipis sehingga kemungkinan akan dilakukan penghitungan suara ulang.

AP/REBECCA BLACKWELL

Warga membawa papan berangka 270 yang mengacu pada jumlah suara elektoral yang diperlukan untuk memenangi kursi kepresidenan saat berunjuk rasa di depan Pennsylvania Convention Center, lokasi penghitungan suara pemilu AS, di Philadelphia, AS, Kamis (5/11/2020).

Secret Service, yang bertugas mengamankan presiden, seperti diberikan berbagai media di AS, sudah mulai meningkatkan gelembung keamanan untuk Joe Biden. Mereka menambah jumlah petugas ke Wilmington, Delaware, tempat Biden berkegiatan.

Sementara ruang udara di sekitar rumah Biden juga mulai ditutup. Federal Aviation Administration (FAA) sementara memutuskan ruang udara di sekitar rumah Biden sebagai kawasan no-fly zone. Penambahan keamanan itu menyusul perkembangan dalam penghitungan suara pemilu yang terus berlangsung.

Namun, belum ada kepastian siapa yang bakal terpilih dan hasilnya masih menunggu perhitungan suara resmi. Tetap sabar, kata Joe Biden, walau dia juga mengatakan yakin kemenangan bisa diraih setelah semua suara dihitung.

Kompas, 7 November 2020

Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger