Cari Blog Ini

Bidvertiser

Senin, 16 November 2020

REFLEKSI SEJARAH: The Magnificent Seven: Pionir Prestasi Bulu Tangkis Indonesia (RAVANDO)


ARSIP RAVANDO

Bung Karno mengunjungi para atlet di Wisma Negara yang akan berlaga di Asian Games 1962. Sumber: Koleksi Foto Tan Joe Hok

Kegemilangan Jonathan Christie dalam menyabet medali emas Asian Games 2018 semakin menegaskan posisi Indonesia sebagai negeri bulu tangkis paling berpengaruh. Dominasi Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang berhasil mengoleksi belasan gelar juara hanya dalam kurun dua tahun membuat nama Indonesia begitu disegani di kancah bulu tangkis internasional, khususnya di sektor ganda putra.

Tidak ada yang menyangsikan posisi Indonesia sebagai salah satu negara bulu tangkis paling berpengaruh di dunia. Bulu tangkis, seperti yang ditulis Colin Brown dalam artikel berjudul Playing the Game: Ethnicity and Politics in Indonesian Badminton", sudah menjadi semacam identitas nasional yang mampu menembus sekat-sekat perbedaan. Ketika olahraga lain kesulitan berprestasi di kancah internasional, bulu tangkis selalu menjadi penyelamat wajah Indonesia di mata dunia.

Namun, proses Indonesia untuk menjadi negeri bulu tangkis tidak berlangsung instan sekalipun kemungkinan Indonesia sudah mengenal olahraga tersebut sejak tahun 1930-an. Kita mungkin sudah tidak asing dengan kegemilangan Rudy Hartono yang berhasil menyabet delapan gelar All England, di mana tujuh di antaranya dilakukan secara beruntun.

Lalu ada juga Susi Susanti dan Alan Budi Kusuma yang berhasil membuka keran medali emas Indonesia di kancah Olimpiade. Belum lagi nama-nama besar, seperti Liem Swie King, Minarni, Christian Hadinata, hingga Imelda Wiguna yang berulang kali mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Akan tetapi, kita kerap melupakan periode 1950-an sebagai tonggak awal dari prestasi Indonesia di dunia bulu tangkis. Momentum tersebut diawali oleh kemunculan The Magnificent Seven yang terdiri dari Ferry Sonneville, Tan Joe Hok, Tan King Gwan, Eddy Joesoef, Njoo Kiem Bie, Lie Poo Djian, dan Olich Solichin yang berulang kali mengerek nama Indonesia di kancah internasional. Diawali dengan kemenangan Ferry Sonneville di ajang Malaysia Open (1955) dan Dutch Open (1956), pundi-pundi prestasi bulu tangkis Indonesia pun resmi dimulai.

ARSIP RAVANDO

Regu Indonesia di Piala Thomas 1958 yang kerap dijuluki The Magnificent Seven. Dari kiri ke kanan: R Yusuf (Tim Manajer), Lie Poo Djian, Njoo Kim Bie, Ramli Rikin (kapten tak bermain), Tan King Gwan, Eddy Joesoef, Tan Joe Hok, dan Ferry Sonneville. Sumber: Koleksi Foto Tan Joe Hok

Piala Thomas 1958: Sebuah Momentum

Titik balik tersebut terjadi pada Juni 1958 ketika Indonesia memutuskan berpartisipasi dalam ajang Piala Thomas untuk pertama kali. Tidak ada yang memprediksi Indonesia akan mampu berbuat banyak dalam turnamen putra beregu terbesar di dunia tersebut.

Semua mata dunia tertuju kepada tim Malaya, selaku juara tiga kali beruntun sejak kompetisi tersebut pertama kali digelar pada 1949. Berbagai bursa taruhan pun menjagokan Malaya akan menggondol Piala Thomas untuk keempat kali.

Apalagi, tim Malaya saat itu dihuni oleh skuad terbaiknya. Selain Eddy Choong, yang telah menjuarai All England, Denmark Open, Dutch Open, dan Scotland Open, ada juga nama Johnny Heah dan Lim Say Hup, ganda terbaik dunia kala itu.

Kepercayaan diri berlebih Malaya tersebut tersirat jelas dalam pernyataan Ketua Bulu Tangkis Malaya, Heah Joo Seang, seperti dikutip oleh The Straits Times pada 2 Juni 1958: "Kami sudah memilih tim yang kuat. Kami pasti menang. Saya bahkan sudah memesan empat botol sampanye untuk perayaan kemenangan."

Baca juga: Pebulu Tangkis Legendaris Indonesia

Situasi demikian jelas berkebalikan dengan skuad Indonesia yang dihuni oleh The Magnificent Seven dengan Thio Tju Djen dan Tan Thiam Beng sebagai cadangan. Tidak ada pelatih yang mendampingi keberangkatan mereka.

Pengaturan tim pun didasarkan pada rembukan antarpemain saja. Menjelang H-1 keberangkatan, regu Indonesia pun memutuskan menginap di sebuah hotel melati di kawasan Gunung Sahari lantaran pertimbangan jarak yang dekat dengan Bemayoran, di samping juga menghemat uang.

Berbekal jas pinjaman, mereka pun menuju bandara dengan diantar becak. Keberangkatan mereka pun berlangsung sunyi tanpa ada seremoni pelepasan. Tercatat hanya Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) saja yang mendampingi rombongan, tentu tanpa ekspektasi tinggi bahwa mereka akan membawa Piala Thomas ke Ibu Pertiwi.

ARSIP RAVANDO

Ribuan orang di Jakarta yang menyambut kedatangan skuad Indonesia yang berhasil memboyong Piala Thomas ke Tanah Air. Sumber: Koleksi Foto Tan Joe Hok

Selama di Singapura, regu bulu tangkis Indonesia mendapatkan sokongan makanan dari masyarakat Indonesia yang tinggal di sana. Di luar itu, segala sesuatu harus diurus sendiri oleh mereka. Namun, di tengah keterbatasan tersebut, Indonesia tetap berhasil membuat kejutan. Sebelumnya, tim Indonesia berhasil melewati babak kualifikasi dengan meyakinkan setelah menumbangkan Australia dan Selandia Baru dengan skor 9-0.

Denmark pun menjadi lawan Indonesia di babak utama, yang tentu saja jauh lebih diunggulkan lantaran dihuni nama-nama besar seperti Erland Kops dan Jorgen Hammergaard Hansen. Di luar prediksi, Indonesia mampu membekuk Denmark dengan skor 6-3. Nama Tan Joe Hok pun mulai mencuri perhatian setelah berhasil mengalahkan Finn Kobero dengan permainan atraktifnya.

Kejutan itu terus berlanjut dalam babak lanjutan ketika Indonesia membantai Thailand 8-1, yang mengantarkan tim Indonesia bertemu dengan Malaya di babak final. Indonesia kembali mengejutkan di final hari pertama. Dari total empat pertandingan yang dimainkan pada hari pertama, Indonesia mampu memetik tiga kemenangan yang dibukukan oleh Tan Joe Hok, Ferry Sonneville, dan pasangan ganda Njoo Kiem Bie dan Tan King Gwan.

Angka kemenangan berhasil dibukukan Eddy Joesoef pada hari kedua setelah mengalahkan Abdullah Piruz. Skor 5-1 pun memastikan Piala Thomas direbut Indonesia dalam keikutsertaannya untuk pertama kali sekalipun di tiga pertandingan sisa Indonesia harus menelah kekelahan.

Kemenangan tersebut pun disambut dengan gegap gempita oleh seluruh rakyat Indonesia. Di tengah beragam permasalahan politik dan ekonomi yang tengah melanda, berita ini tentu ibarat menjadi oase di tengah padang gurun. Ribuan masyarakat pun tumpah ruah ke jalan, menyambut kepulangan skuad Indonesia ke Tanah Air.

ARSIP RAVANDO

Piala Thomas di Istana Merdeka

Media cetak silih berganti memuat profil mereka. Foto skuad The Magnificent Seven terpampang di berbagai papan reklame di sudut-sudut jalan Ibu Kota. Nama mereka pun dielu-elukan sebagai pahlawan oleh rakyat Indonesia.

Presiden Soekarno pun secara khusus mengundang dan menjamu mereka ke Istana Negara. Dalam salah satu wawancara saya dengan Tan Joe Hok, satu-satunya anggota The Magnificent Seven tersisa, menuturkan pesan dari Soekarno yang masih membekas, yaitu "Ingat, kamu akan terus bermain untuk bangsa dan negaramu!" Prestasi itu terasa semakin lengkap lantaran pada akhir tahun 1958, nama Tan Joe Hok juga dinobatkan sebagai pebulu tangkis terbaik dunia.

Ingat, kamu akan terus bermain untuk bangsa dan negaramu!

Momen Piala Thomas tersebut pun menjadi semacam pembuka jalan bagi prestasi bulu tangkis Indonesia lainnya. Pada 1959, Tan Joe Hok menjadi orang Indonesia pertama yang menjuarai All England setelah mengalahkan rekannya, Ferry Sonneville, dalam all-Indonesian final. Pada tahun yang sama, Joe Hok juga berhasil menjuarai Canadian Open dan US Open. Sports Illustrated, sebagai majalah olahraga terbesar di Amerika, bahkan sampai mengulas kemenangan Joe Hok tersebut dalam dua halaman penuh.

Lalu pada 1961, di hadapan pendukungnya sendiri di Jakarta, Indonesia berhasil mempertahankan Piala Thomas setelah menundukkan Thailand dengan skor 6-3. Hingga detik ini, Indonesia pun masih menjadi negara dengan koleksi Piala Thomas terbanyak, yakni 13 kali.

Setahun berselang, dalam perhelatan Asian Games 1962 di Istora Senayan, Indonesia juga berhasil merengkuh lima medali emas, tiga perak, dan tiga perunggu. Setelahnya, Indonesia terus mendulang prestasi di cabang olahraga ini. Terakhir tentu nama Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir yang berhasil meraih medali emas di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Pahlawan Olahraga. Mungkinkah?

Dalam salah satu kesempatan, Tan Joe Hok sempat bertutur kepada saya tentang kebanggaan dia dan rekan-rekannya yang diberikan talenta untuk menjadikan Indonesia sebagai negara bulu tangkis. Saya bangga ada yang meneruskan kiprah kami semua," ujarnya.

Terlepas dari karut-marut politik yang pernah menghantam ia dan pebulu tangkis keturunan Tionghoa lainnya, Joe Hok tetap merasa Indonesia sebagai rumah yang telah membesarkan namanya dan memberikannya banyak hal.

ARSIP RAVANDO

Regu Piala Thomas diundang secara khusus oleh Presiden Soekarno ke Istana Negara. Tampak Tan Joe Hok, Ferry Sonneville, dan Eddy Joesoef berjalan di depan. Sumber: Koleksi Foto Tan Joe Hok

Artikel pendek ini telah menunjukkan bahwa kemunculan Indonesia sebagai negeri bulu tangkis tidak terjadi secara instan. Terdapat sosok The Magnificent Seven yang telah memulai dan menuntaskan misinya dalam mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Mereka merupakan pahlawan olahraga, yang, sekalipun berjuang di medan pertempuran berbeda, memiliki visi dan misi serupa dengan pahlawan yang bertempur secara fisik.

Ironisnya, para sosok The Magnificent Seven ini seolah-olah luput dari perjalanan sejarah bangsa kita. Fakta-fakta historis tentang mereka hanya dibiarkan teronggok dalam kertas usang, dengan sedikit upaya untuk menggalinya kembali. Tan Joe Hok sempat bertutur bahwa dirinya dan kawan-kawannya tidak ingin dielu-elukan atau mengiba belas kasih pemerintah. "Sebab, itu semua murni kami lakukan demi nama Indonesia," tuturnya.

Akan tetapi, Joe Hok berharap agar pemerintah mengakui bahwa pernah ada sosok seperti Ferry Sonneville, Tan Joe Hok, Eddy Joesoef, dan lainnya yang pernah berjuang bagi Indonesia. "Saya bangga ada yang meneruskan kiprah kami semua. Saya bangga bisa turut menjadikan Indonesia sebagai negara bulu tangkis," ujar Joe Hok.

Dengan ditetapkannya tambahan enam pahlawan nasional pada 10 November 2020, Indonesia kini memiliki total 191 orang yang menyandang gelar anumerta tersebut. Di samping bias dari segi jender, yakni 176 pahlawan pria berbanding 15 pahlawan perempuan, tidak ada satu pun para olahragawan yang muncul dalam daftar tersebut. Saya pun tergelitik untuk bertanya: apakah mungkin pahlawan Indonesia datang dari kalangan olahragawan? Apakah mungkin pebulu tangkis diangkat menjadi pahlawan nasional?

Sejatinya, tidak pernah terlintas sekalipun dalam benak Tan Joe Hok dkk. untuk diangkat sebagai pahlawan nasional. Baginya, pengakuan pemerintah atas kontribusinya terhadap bulu tangkis Indonesia sudah lebih dari cukup.

Ia pun bermimpi agar tidak ada lagi atlet yang harus menanggung derita pada hari tuanya lantaran kurangnya perhatian. "Seperti Kang Olich Solichin yang meninggal dalam keadaan buta setelah menderita katarak, atau Tan King Gwan yang harus menderita berkepanjangan lantaran kanker paru-paru," pungkasnya.

(Ravando, Kandidat Doktor di Jurusan Sejarah, University of Melbourne, Australia)

Kompas, 15 November 2020

Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger