Cari Blog Ini

Bidvertiser

Selasa, 10 Maret 2015

Waspada Pangan 2015 (DWI ANDREAS SANTOSA)

Selama empat bulan terakhir ini kita disuguhi oleh hiruk- pikuk program, kebijakan, dan target terkait sektor pertanian dan pangan yang untuk beberapa terkesan bombastis dan beberapa lainnya justru tidak menjawab persoalan mendasar sektor tersebut.

Belum cukup dengan hiruk-pikuk tersebut, masyarakat tiba-tiba dikejutkan oleh kenaikan harga beras yang sangat tinggi (rata-rata 30 persen) dalam dua bulan terakhir ini, yang tampaknya lepas dari pengamatan dan pengawalan kementerian/lembaga yang bertanggung jawab terhadap masalah itu. Setelah Presiden Joko Widodo turun tangan langsung, baru gejolak harga beras yang menggila itu bisa diredam.

Berbagai hiruk-pikuk dan gejolak tersebut dipastikan akan terus berulang apabila kebijakan dan program yang diambil tidak ada perubahan yang sangat mendasar dari yang sudah dilakukan selama 17 tahun terakhir ini.

Konsep dan paradigma kedaulatan pangan yang didengungkan pemerintah saat ini seolah memunculkan harapan baru terjadinya perubahan kebijakan dan program "yang fundamental". Sayangnya, dengan berlalunya hari, berlalu juga cita-cita luhur tersebut, yang menyisakan wacana dan retorika kedaulatan pangan yang manis untuk diucapkan, tetapi menjauh dari kenyataan yang ada.

Produksi turun

Berkaca pada tahun 2014, pada tahun lalu ditargetkan produksi padi meningkat pada angka fantastis sebesar 8,04 persen (Rencana Aksi Bukittinggi) yang kemudian penulis komentari dengan kata "isapan jempol belaka" (Kompas, 21/1/2014). Hal tersebut terbukti dengan diluncurkannya angka sementara) produksi padi, jagung, dan kedelai tahun 2014 (BPS, 2/3/2015). Produksi padi tahun 2014 bukannya naik, melainkan justru turun 0,63 persen dari 71,3 juta ton gabah kering giling (GKG) menjadi 70,8 juta ton GKG.

Penurunan produksi tersebut disumbangkan oleh penurunan luas panen sebesar 41,61 ribu hektar dan penurunan produktivitas sebesar 0,17 kuintal per hektar. Penurunan produksi padi terutama terjadi di Pulau Jawa dan sedikit kenaikan produksi di Luar Jawa. Penurunan produksi itu menyebabkan kenaikan harga beras sebesar 13,9 persen sepanjang tahun 2014 dibandingkan 2013. Krisis beras tersebut kemudian mencapai puncaknya pada bulan Januari-Februari 2015.

Produksi padi 2014 yang tidak menggembirakan ini sudah penulis perkirakan di awal tahun 2014 ("Situasi Pangan 2014", Kompas, 21/1/2014, "Banjir dan Produksi Pangan", Kompas, 14/2/2014), bahkan penulis menyebutkan Indonesia terpaksa harus mengimpor beras di atas 1,5 juta ton pada tahun 2014. Impor beras itu diperlukan untuk menstabilkan harga beras di pasar domestik karena nisbah stok/konsumsi yang mencapai titik terendah selama tiga tahun terakhir, puso akibat banjir di awal tahun, serta ancaman El Nino di tengah dan akhir tahun.

Stok beras nasional di awal tahun terus menurun dari 7,4 juta metrik ton di periode 2012/2013 menjadi 6,48 juta metrik ton (2013/2014) dan 5,5 juta metrik ton di awal Januari 2015 (WASDE-USDA, 10/2/2015) atau penurunan 26 persen dalam tempo hanya dua tahun.

Berkaitan dengan impor beras, Indonesia pada tahun 2014 melakukan impor sebesar 1,225 juta ton (USDA, 3/12/2014) atau sedikit lebih rendah daripada perkiraan penulis. Impor beras yang lebih rendah dari perkiraan tersebut harus dibayar mahal dengan terjadinya gejolak harga di awal tahun 2015. Meskipun demikian, kita semua patut bersyukur karena kenaikan tajam harga beras tersebut tidak sampai menimbulkan gejolak sosial yang besar.

Fenomena trade-off antara produksi padi dengan jagung dan kedelai teramati di tahun 2014. Produksi jagung dan kedelai masing-masing meningkat 2,81 persen dan 22,30 persen yang kenaikannya terutama disumbang oleh kenaikan produksi di Pulau Jawa. Ketika luas panen padi terutama di Pulau Jawa menurun, biasanya akan diikuti dengan peningkatan luas panen kedelai dan jagung.

Selain itu, faktor iklim juga mendukung untuk pertanaman tersebut sehingga produktivitas keduanya juga meningkat. Meskipun demikian, kenaikan produksi jagung dan kedelai masih jauh dari memadai sehingga ketergantungan impor terhadap kedua komoditas itu tidak beranjak membaik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Situasi pangan global

Sistem pangan Indonesia sudah terintegrasi sedemikian masif ke sistem pangan dunia. Integrasi itu semakin menguat dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN tahun ini. Dengan demikian, jika terjadi gejolak pangan di tingkat internasional, gelombangnya dengan cepat mengenai petani kecil kita tanpa ada jeda waktu untuk mengantisipasinya.

Penurunan harga minyak bumi sebesar 50 persen sebagian menyebabkan turunnya indeks harga pangan dunia. Secara teoretis, setiap penurunan/kenaikan harga minyak bumi sebesar 10 persen akan diikuti dengan penurunan/kenaikan harga pangan sebesar 3 persen. Indeks harga pangan turun sebesar 10 persen dari 203,2 di Januari 2014 menjadi 182,7 di Januari 2015. Penurunan terbesar disumbangkan oleh susu dan produk turunannya sebesar 35 persen, disusul minyak nabati sebesar 17,3 persen, dan biji-bijian (serealia) sebesar 7,3 persen. Harga daging justru meningkat 6,6 persen.

Penurunan harga minyak bumi tidak cukup untuk menerangkan turunnya harga pangan dunia. Faktor lain yang berperan adalah panen gandum yang melimpah, terutama di Eropa yang menyebabkan dunia menorehkan rekor produksi serealia sebesar 2.532 juta ton (FAO, Desember 2014). Produksi yang tinggi menyebabkan stok serealia dunia juga mencapai rekor tertinggi selama 15 tahun terakhir.

Apabila total produksi serealia meningkat, tidak demikian untuk padi. Produksi padi dunia mengalami sedikit penurunan (-0,4 persen) karena penurunan produksi terutama di produsen beras utama, yaitu India dan Thailand. Meskipun produksi padi dunia tahun 2014 kurang menggembirakan, harga beras ternyata ikut turun bersamaan dengan turunnya harga serealia lainnya. Hal itu memicu banyak negara membeli beras dari pasar internasional selama tengah hingga akhir tahun 2014. Hal ini menyebabkan nisbah stok/konsumsi beras dunia di tahun 2015 akan mengalami titik terendah selama 10 tahun terakhir.

Berkaitan dengan situasi pangan di Indonesia dan dinamika harga pangan dunia, sebaiknya pemerintah melupakan upaya mengekspor 1 juta beras premium ke luar negeri. Alih-alih mengekspor beras, pada tahun ini penulis memperkirakan produksi padi akan stagnan seperti tahun 2014, ataupun kalau terjadi kenaikan teramat kecil sehingga masih belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Impor beras

Beberapa faktor mendasari hal ini. Tanam musim ini sudah mundur 1,5 bulan dan ini akan berdampak pada produksi di Musim Tanam Padi II dan III, tetapi berdampak positif untuk jagung dan kedelai. Puso akibat banjir sebagaimana tahun lalu diperkirakan tak terjadi sehingga produksi padi bisa sedikit terselamatkan. Kita sangat berharap fenomena El Nino yang berkategori sedang di tahun 2014 tidak berlanjut di tahun 2015. Jika berlanjut, maka akan menjadi ancaman besar bagi produksi pangan utama.

Berdasarkan hal itu, tahun ini penulis memperkirakan bukannya Indonesia mengekspor beras, tetapi masih harus mengimpor beras sekitar 1 juta ton. Untuk mencegah gejolak harga beras, upaya-upaya besar perlu dilakukan pemerintah karena stok beras nasional di akhir tahun kemungkinan akan menurun 15 persen di bandingkan tahun 2014. Dari sisi harga, ekspor beras juga tidak realistis karena harga beras kualitas tinggi di pasar internasional diperkirakan hanya berkisar 420-450 dollar AS per ton atau Rp 5.460–Rp 5.850 per kilogram atau hanya setengah harga beras premium di Indonesia.

Impor padi hibrida dari Tiongkok untuk peningkatan produksi sebaiknya dibatalkan karena tidak ada bukti di lima tahun terakhir ini bahwa varietas tersebut mampu meningkatkan produksi padi di Indonesia, beberapa kasus produksinya bahkan jauh lebih rendah dibandingkan varietas lokal dan menyebabkan meledaknya populasi hama wereng di banyak tempat. Pemerintah sebaiknya berkonsentrasi penuh untuk mengembangkan varietas-varietas karya peneliti di perguruan tinggi dan lembaga penelitian serta karya petani kecil Indonesia yang memiliki potensi hasil di atas 10 ton GKP per hektar.

Impor pangan pokok lainnya diperkirakan masih akan tetap tinggi. Impor gandum akan meningkat dari 7,4 juta ton menjadi 7,5 juta ton, impor jagung (2014/2015) diperkirakan hampir sama dengan 2013/2014, yaitu sekitar 3,2 juta ton, sedangkan impor kedelai meningkat dari 2,2 menjadi 2,3 juta ton dan gula meningkat menjadi 4,0 juta ton. Jadi, kesimpulannya, tahun ini Indonesia masih menjadi pengimpor besar pangan di dunia.

Penulis yakin Presiden Jokowi memiliki intuisi yang tajam untuk membaca situasi ini, mau menerima masukan dari banyak pihak, bahkan jika itu berbeda dengan yang diyakini selama ini dan tidak sekadar tergantung dari laporan, data, dan retorika pembantu-pembantunya.

DWI ANDREAS SANTOSA GURU BESAR FAKULTAS PERTANIAN IPB; KETUA UMUM ASOSIASI BANK BENIH TANI INDONESIA (AB2TI) DAN ASSOCIATE SCHOLAR CORE INDONESIA

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 10 Maret 2015, di halaman 6 dengan judul "Waspada Pangan 2015".

Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger