Cari Blog Ini

Bidvertiser

Sabtu, 24 September 2016

Sidang Sianida//Sarana di Mentawai//Aktivasi Lama (Surat Pembaca Kompas)

Sidang Sianida

Mengikuti jalannya persidangan dugaan pembunuhan dengan racun sianida yang berlangsung puluhan kali, menurut hemat saya, buang-buang waktu, energi, dan biaya. Sebagai ikhtiar penegakan hukum boleh saja karena Indonesia negara hukum, tetapi jangan berlebihan.

Yang saya maksud berlebihan adalah sidang ini berlangsung di atas 20 kali persidangan. Sidang bahkan pernah berlangsung sampai jauh malam. Entah berapa biaya yang dihabiskan untuk itu. Jaksa dan hakim adalah PNS, mereka tentu harus dibayar lemburnya. Sidang-sidang kasus tindak pidana korupsi saja tidak seserius kasus ini.

Sidang–sidang kasus sianida ini terus disiarkan secara langsung oleh dua stasiun televisi. Meski menjengkelkan, itu memang urusan mereka, entah untuk tujuan mendongkrak rating atau punya maksud lain.

Pada tahun 1967-1968 ada sidang-sidang pengadilan yang juga berlangsung hingga malam, yaitu sidang-sidang Mahkamah Militer Luar Biasa (Mamillub). Hakim Ketua Mahmillub adalah Kolonel Ali Said dan oditur militer Letkol Durmawel Achmad yang mengadili tokoh-tokoh PKI dalam kaitan peristiwa G30S/PKI.

HA BAIDHOWI ADNAN, JALAN KUTILANG, DEPOK 16432

Sarana di Mentawai

Kepulauan Mentawai dikenal sebagai surga para peselancar dan pencinta pasir putih. Namun, sarana komunikasi dan transportasi belum memadai.

Desa Sagulubbeg, Kecamatan Siberut, merupakan contohnya. Saat ini, untuk berkomunikasi, masyarakat hanya terhubung dengan radio RIG.

Dari sisi transportasi, satu-satunya akses ke desa saat ini hanya dengan jalur laut menggunakan kapal. Dari ibu kota kabupaten, Tuapejat, perjalanan laut lebih kurang 5-6 jam.

ADI PRIMA, JALAN MENTAWAI, PADANG UTARA, PADANG

Aktivasi Lama

Saya 15 tahun menggunakan nomor Mentari prabayar 0815134913xx. Tanggal 11 September saya mengganti simcardmenjadi 4G di gerai Metropolitan Mall Bekasi. Dijanjikan akan aktif 1 jam ke depan, tetapi sampai saya menulis surat ini (Senin, 19/9), nomor tidak bisa dipakai, baik panggilan masuk maupun keluar. Tampilan di layar selalu "SIM tidak terdaftar. Untuk pertukaran SIM kontak Indosat."

Saya berulang kali menelepon ke 54388888 dan datang ke gerai, baik di Metropolitan Mall Bekasi maupun Sarinah Thamrin, sesuai lokasi tempat tinggal dan bekerja, tetapi hasil tidak ada.

Saya sangat dirugikan karena sedang mengajukan pinjaman di bank dan telepon harus siaga.

STELLA MARYANTI, KOMPLEKS BINA MARGA, JAKARTA TIMUR 13450

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 24 September 2016, di halaman 7 dengan judul "Surat Kepada Redaksi".


Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger