Kuasa kata yang mewujud menjadi ujaran "nyinyirisme" biasa berkelindan dalam pemandangan lini masa di medsos. Kuasa kata juga menguasai jagat komunikasi politik di lingkaran tokoh publik, pejabat negara, dan anggota Dewan. Kuasa kata yang membara  menjadi perang pesan verbal bersumber dari gagasan dan kebijakan yang mereka kumandangkan. Mereka sengaja  menggoreng kebijakan yang bermuara dari gagasan impulsif bernuansa subyektif. Mereka menisbikan rasa perasaan warganet dan melumpuhkan akal sehat warga masyarakat.

Pada titik itulah kuasa kata kemudian melahirkan fenomena gagal paham komunikasi. Dampaknya berhasil memorakporandakan bangunan konsep komunikasi sosial yang sudah berlangsung nyaman.  Ujung dari semua itu, menyebabkan kehidupan patembayatanwarganet dan warga masyarakat menjadi gaduh melenguh-lenguh.

Gagal paham

Fenomena gagal paham komunikasi di atas menegaskan kekuatan kuasa kata yang berujung miskomunikasi di medsos. Miskomunikasi di medsos paling membahana saat ini adalah kesalahpahaman antar-para pihak akibat perang wacana atas kuasa kata yang dilontarkan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta

Fenomena gagal paham komunikasi yang dipantik pidato, komentar, pendapat serta pernyataan gubernur dan wakil gubernur DKI lalu membara di medsos. Alirannya kemudian merembet ke seluruh media massa cetak dan elektronik. Efek turunannya berlanjut dengan polemik "nyinyirisme" yang semakin memanas di medsos antara kelompok haters lawan geng pendukung pernyataan orang nomor satu dan nomor dua di kantor pemerintahan DKI Jakarta.

Atas fenomena gagal paham komunikasi ini, sejatinya ada perbedaan pemahaman makna pesan verbal dan visual atas kuasa kata yang dilontarkan kedua belah pihak ketika sedang beku hatinya. Akibatnya, gagal paham komunikasi jadi sajian tak membahagiakan yang harus dikonsumsi warganet dan masyarakat.

Sebaliknya, bagi kelompok tertentu fenomena gagal paham komunikasi justru sangat  membahagiakan dalam konteks perolehan atensi like jempol biru. Ujungnya, pengelola akun medsos yang mengendalikan gelombang magnetik gagal paham komunikasi dapat penghasilan tetap. Berbagai iklan yang menempel di laman yang dikelolanya senantiasa mengucurkan sejumlah fulus atas capaian ini.

Dalam perspektif budaya visual, harus diakui, sosok gagal paham komunikasi merupakan representasi setan. Ia selalu mengejawantah dalam sebuah proses komunikasi. Apalagi proses komunikasi yang tak sejalan bagi peruntukan komunikasi itu sendiri.  Dengan demikian, sosok gagal paham komunikasi yang menggunakan kendaraan kuasa kata senantiasa jadi musuh bersama umat manusia.

Dalam pergerakannya, ia senantiasa menebar energi negatif. Tebaran energi negatif itu wajib dihirup warganet dan warga masyarakat yang gelap mata atas realitas sosial yang ada. Hebatnya, perwujudan sosok gagal paham komunikasi sangat rajin mengobrak-abrik kedamaian warganet. Di sisi lain, keberadaannya juga menciptakan suasana gaduh melenguh-lenguh warga masyarakat di tengah patembayatan sosial di medsos.

Menyiangi hati

Di abad budaya layar seperti sekarang ini, dibutuhkan kehadiran wasit dan hakim garis yang mampu menyemprit silang sengkarut kelompok gagal paham komunikasi. Wasit dan hakim garis bertugas mengajak warganet senantiasa bergandengan tangan membangun kesepahaman bersama saat menjalankan proses komunikasi di medsos.

Hal itu wajib dilakukan agar antarwarganet yang terbelenggu belitan tangan gurita sosok gagal paham komunikasi dapat hidup damai di tengah keberagaman sifat kemanusiaannya.  Selanjutnya dalam tataran pergaulan sosial, mereka sesegara mungkin menyiangi hati. Dengan hati yang sareh, sabar plus sumeleh akan keluar energi positif. Hal itu diyakini mampu menyelaraskan nalar perasaan dan akal pikiran mereka yang sedang terjerembab dalam kubangan lubang gagal paham komunikasi.

Untuk itu, marilah kita bangkit berdiri agar senantiasa mampu membangun kesepahaman diri pribadi dengan pihak lain. Pejabat publik, elite politik, dan tokoh masyarakat seyogianya menjadi orang pertama yang mau dan mampu memahami aspirasi warganet serta gerak langkah masyarakat yang dilayaninya.

Ketika sikap egois semacam itu terus dikembangbiakkan, sejatinya mereka sedang menjalankan gerakan bunuh diri massal. Upaya bunuh diri massal itu dilakukan untuk membunuh benih-benih kebaikan yang seharusnya ditumbuhsuburkan. Karena itu, seyogianya mereka berani menyematkan konotasi positif atas kuasa kata. Hal itu penting dilakukan demi bertumbuhnya energi kebaikan bagi hidup dan kehidupan umat manusia.

 Sumbo Tinarbuko