Kamis (30/11), kelompok pemberontak Houti yang terlibat perang saudara di Yaman menembakkan rudal balistik ke sasaran militer di Arab Saudi. Namun, juru bicara militer Arab Saudi, Kolonel Turki al-Maliki, membantah hal itu.

Pertama kali, kelompok Houti menembakkan rudal yang diklaim buatan lokal tersebut dengan target kota Riyadh pada 4 November 2017. Arab Saudi membalas dengan keras. Pesawat dan kapal dilarang masuk Yaman. Turki al-Maliki menyatakan, blokade itu untuk menghentikan pasokan senjata kepada milisi Houti.

Perang saudara di Yaman menyeret Arab Saudi setelah Menteri Pertahanan Pangeran Mohammad bin Salman menghimpun sejumlah negara Arab untuk ikut berperang di Yaman, Maret 2015. Pangeran Salman ingin memulihkan kekuasaan Presiden Abdurabbuh Mansour Hadi yang dikudeta milisi Syiah Houti dukungan Iran.

Setelah hampir tiga tahun Arab Saudi memimpin koalisi di Yaman, belum ada tanda-tanda Houti akan menyerah. Pada 4 November lalu, Houti menembakkan rudal ke arah Riyadh. Di sisi lain, reputasi Arab Saudi tercoreng menyusul terjadinya krisis kemanusiaan di Yaman.

Rabu lalu, Perdana Menteri Inggris Theresa May meminta Arab Saudi membuka akses lebih besar bagi kehadiran bantuan kemanusiaan. Itu penting untuk mencegah terjadinya bencana kemanusiaan yang lebih besar.

Pekerja dan bantuan kemanusiaan mulai tiba di Bandar Udara Sana'a, Yaman, Sabtu (25/11). Direktur Badan PBB untuk Anak-anak (Unicef) Wilayah Timur Tengah Geert Cappelaere menyatakan, Unicef mengirimkan lebih dari 15 ton vaksin ke Yaman.

Unicef menaksir, sedikitnya 11 juta anak Yaman sangat membutuhkan bantuan. Diperkirakan seorang anak Yaman meninggal setiap 10 menit akibat sakit yang sebenarnya bisa dicegah dengan vaksinasi. Cappelaere menyatakan, Unicef masih menunggu izin labuh dua kapal pembawa makanan, obat, dan obat penjernih air.

Kita tidak berharap penembakan kedua rudal balistik akan kembali menaikkan tensi perang saudara di Yaman. Arab Saudi yang sejak awal menduga rudal tersebut bantuan Iran juga tidak kembali menghentikan pergerakan pesawat dan kapal menuju dan ke Yaman.