Kurz membangun pemerintahan bersama partai ekstrem kanan yang dibentuk oleh mantan anggota Nazi.

Keputusan yang tidak mengejutkan tetapi disesalkan banyak pihak itu menunjukkan cengkeraman populisme sudah memasuki tatanan yang sangat serius. Partai Kebebasan yang didirikan oleh Anton Reinthaller, mantan anggota Nazi dan pejabat paramiliter SS itu, sejak awal sangat anti-imigran, anti-Muslim, dan anti-Uni Eropa.

Dalam dokumen kesepakatan bersama, Pemerintah Austria mengakui pentingnya Uni Eropa yang kuat dan berjanji tidak akan mengadakan referendum ala Brexit.

Apa pun alasannya, Eropa telah memasuki lanskap politik baru di mana pragmatisme kepentingan mengalahkan nilai-nilai kepatutan. Partai-partai ekstrem kanan pada 10 tahun lalu dianggap aib masyarakat yang kehadirannya selalu ditentang dan dicemooh, kini mereka menjadi salah satu pilihan rakyat.

Menguatnya gelombang populisme di Eropa pascabanjir pengungsi tecermin dalam pemilu sepanjang 2017. Partai-partai arus utama tetap meraih porsi suara terbesar, tetapi dukungan bagi kubu populis juga terus menguat.

Di mayoritas negara Eropa Barat, partai ekstrem kanan tetap menjadi "garis merah". Di Belanda, partai Geert Wilders menduduki posisi kedua, tetapi semua partai di Belanda menolak berkoalisi. Di Perancis, sosok populis Marine Le Pen berhasil masuk ke babak final pemilu presiden. Namun, saat pemungutan suara, rakyat Perancis tetap "waras" untuk memilih Emmanuel Macron.

Di Jerman, partai Alternatif untuk Jerman (AfD) meraih posisi ketiga dan berhasil menembus parlemen nasional, tetapi semua partai menolak berkoalisi. Saat ini Jerman berada dalam krisis politik karena belum mampu membentuk pemerintahan. Namun, Kanselir Angela Merkel pastinya lebih memilih untuk melaksanakan pemilu baru daripada mempertimbangkan AfD sebagai mitra koalisi.

Pergulatan untuk tetap memelihara nilai-nilai Eropa yang humanis kini dipertanyakan. Pada tahun 2000 Uni Eropa mengucilkan Austria karena menggandeng FPO. Namun, kini UE sulit melakukan hal serupa karena di tubuh UE sendiri pemerintahan kanan semakin kuat.