Bidvertiser

TUTORIAL MENYETIR

TUTORIAL MENYETIR
Pormadi Channel

Jumat, 27 Juli 2018

Integrasi dan Tarif Tol Naik//Tanggapan Palyja//Tanggapan Transjakarta//Pemanfaatan Bandara Baru (Surat Pembaca Kompas)


Integrasi dan Tarif Tol Naik

Masih tersimpan dalam ingatan, penerapan sistem integrasi jalan Tomang-Tangerang sampai Bitung yang sekarang menjadi Rp 7.000. Sebelumnya, Tomang-Kebun Jeruk/Pesanggrahan hanya Rp 2.500 dan Tomang-Tangerang sampai Bitung Rp 5.500.

Jelas ini suatu kenaikan tarif tol terselubung. Kita tahu, jalan tol ini sudah lebih dari 10 tahun dan sudah memberi untung bagi pengelola jalan tol.

Sekarang, dengan alasan sama, akan diberlakukan sistem integrasi di Lingkar Luar Jakarta yang kabarnya dari Rp 9.500 jadi Rp 15.000. Alasannya untuk menurunkan tarif angkutan barang Tol Sediatmo dan Tol Bandara.

Presiden Joko Widodo sudah menyatakan bahwa tarif tol terlalu mahal dan menginstruksikan agar diturunkan. Namun, alih-alih menurunkan, dengan alasan integrasi tarif tol, pengelola jalan tol malah menaikkan tarif. Banyak pengamat mengatakan, sebagian jalan tol kita sebenarnya tidak layak disebut jalan tol karena sering terjadi kemacetan parah.

Kiranya hal ini bisa menjadi renungan bagi pengelola jalan tol, khususnya bagi Kementerian PUPR.

Samuel S
Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Tanggapan Palyja

Menanggapi pengaduan Saudara Giovanni Roswin di Kompas (26/5/2018), "Air Tak Mencukupi", kami sampaikan hal-hal berikut.

Kami mohon maaf atas ketaknyamanan yang terjadi. Berhubung data pelanggan kurang lengkap, seperti nomor identitas pelanggan dan alamat lengkap, kami kesulitan menindaklanjuti ke lokasi rumah dimaksud.

Secara umum kondisi suplai air Palyja ke kawasan Taman Surya maksimal, sedangkan kebutuhan air bersih sangat tinggi dan cenderung meningkat. Pe- rumahan Taman Surya merupakan daerah pelayanan terjauh dari sumber distribusi air bersih di Distribution Center Reservoir 4 Kebon Jeruk sehingga rentan gangguan.

Pengiriman air bersih melalui mobil tangki tanpa dipungut biaya. Pendistribusian air bersih untuk mobil tangki merupakan pelayanan darurat jika ada gangguan. Jika permintaan pengiriman air meningkat, sedangkan kapasitas Palyja terbatas, pengiriman air bersih melalui mobil tangki tak semua terpenuhi. Mobil tangki diprioritaskan antara lain untuk rumah sakit dan badan/panti sosial.

Keluhan dapat disampaikan kepada Contact Center Palyja di 29979999, palyja.care@palyja.co.id, dan SMS 0816725952.

Lydia Astriningworo
Kepala Divisi Komunikasi dan Tanggung Jawab
Sosial Perusahaan PT PAM Lyonnaise Jaya

Tanggapan Transjakarta

Sehubungan dengan keluhan Sdr A Ristanto di Kompas (28/6/2018), "Suara Radio di Transjakarta", dengan ini kami sampaikan maaf atas volume siaran radio di transjakarta yang mengurangi kenyamanan. Manajemen transjakarta akan mengatur kembali volume siar- an radio di transjakarta agar pengumuman pemberhentian transjakarta tersampaikan kepada pelanggan dengan jelas.

Daud Joseph
Direktur Operasional
PT Transportasi Jakarta

Pemanfaatan Bandara Baru

Kabar menggembirakan bahwa dua bandara bertaraf internasional mulai berfungsi: Bandara Ahmad Yani di Jawa Tengah dan bandara yang baru selesai pembangunannya di Majalengka, Jawa Barat. Alangkah baik apabila dari Semarang ataupun Majalengka dibuat jalur kereta api serta jalan darat yang aman, nyaman, dan lekas mencapai tujuan wisata.

Kedua bandara jangan hanya jadi embarkasi haji, tetapi dapat juga menunjang pariwisata, baik dari dalam maupun luar negeri. Sebab, di masa mendatang, bahan tambang dan tanah untuk pertanian kian berkurang. Maka, andalan untuk pemasukan dana pada APBN tampaknya dari sektor pariwisata. Semoga sektor itu dapat membantu keuangan negara menyejahterakan rakyat Indonesia.

Adigunarso Soerjo

Pondok Labu, Depok, Jawa Barat

Kompas, 27 Juli 2018

Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar