Pertanyaan ini timbul, antara lain, karena pelaku terdiri atas keluarga (nuclear maupun extendedfamily), termasuk anak-anak. Studi tentang terorisme umumnya memang terfokus pada analisis terhadap individu dan jaringan pelaku, modus operandi, dan motif. Yang paling jarang diteliti adalah dimensi finansial dan ekonomi terorisme.

Setelah karya klasik Napolitan, hampir tidak ada studi yang komprehensif tentang dimensi ini. Tidak pernah diteliti secara serius, misalnya, dari mana saja sumber pendanaan Negara Islam Irak Suriah (NIIS/ISIS) untuk membeli peralatan tempur sekelas pasukan militer negara-negara besar.

KOMPAS/ALIF ICHWAN

Aman di Tuntut Hukuman Mati – Terdakwa kasus dugaan teror bom Thamrin, Aman Abdurrahman alias Oman Rochman menjalani sidang dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Jumat (18/5/2018). Aman Abdurrahman dituntut hukuman mati oleh Jaksa Penuntut Umum karena perbuatan terorisme yang mengakibatkan hilangnya banyak nyawa.
KOMPAS/ALIF ICHWAN (AIC)
18-05-2018

Ini menimbulkan pertanyaan lanjutan, mengapa MIC (militaryindustrialcomplex) dibiarkan saja oleh negara produsen memasok senjata kepada para teroris. Pada tataran yang lebih rendah tetapi dalam skala yang jauh lebih masif, fenomena serupa didapati pada semua konflik bersenjata di Afrika, Filipina Selatan hingga Papua. Pada semua konflik dengan intensitas rendah semacam itu, seluruhnya didapati penggunaan senjata pabrikan. Bukan sekadar senjata rakitan.

Pergeseran modus-motif

Di Indonesia, puncak dari terorisme (bom) kontemporer pada peristiwa Bom Bali I (2002). Ledakan dahsyat memanfaatkan bahan-bahan peledak dengan intensitas rendah (low explosives/ blackpowder) yang dikombinasi dengan bahan peledak berintensitas tinggi (high explosives) yang saat itu tampak aneh bagi para ahli bom: RDX, TNT, PETN.

KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Mobile Brigade (Brimob) officers arrive on Thursday (10/5/2018) at Brimob headquarters in Kelapa Dua, Depok, West Java, where inmates of the detention center rioted and overran the facility. Five policemen and one terrorism inmate died during the incident.

Pengetatan penjualan bahan-bahan peledak yang diterapkan polisi menyebabkan penggunaan bahan peledak yang lebih mudah diperoleh. Hampir seluruh bom yang digunakan dalam 2-3 tahun terakhir adalah TATP yang diracik menjadi shrapnel—pecahan peluru meriam.

Pergeseran modus berjalan seiring dengan pergeseran motif. Pada masa puncak kekuatan Al-Qaeda hingga NIIS/ISIS—dengan berbagai kelompok lain yang lebih kecil—motif utamanya adalah menghancurkan raksasa musuh Islam: Yahudi, Barat, Kristen, Kafir.

Kepala Badan Nasional penanggulangan Teroris Komisaris Jenderal (Pol) Tito Karnavian memberikan pemaparan terkait situasi perkembangan teroris di Indonesia dalam The General Briefing on Counter Terorism di Jakarta, Selasa (19/4). Acara yang diikuti oleh sejumlah duta besar negara sahabat itu sebagai ajang bertukar informasi terkait penanganan teroris di tiap-tiap negara.
Kompas/Wisnu Widiantoro (NUT)
19-04-2016

Setelah Al-Qaeda runtuh dan NIIS/ISIS tercerai berai, motif yang lebih politis pun menguat, yaitu pembentukan negara khilafah. Pada periode ini, sasaran yang diincar umumnya simbol-simbol dunia Barat berupa pusat-pusat kapitalisme seperti WTC dan instalasi militer sebagai penjaga Dunia Barat.

Kini motif itu telah bergeser. Konsep "jihad" yang diyakini para teroris sebagai pengorbanan diri hingga kematian demi "memperjuangkan Islam" sekarang berubah menjadi upaya pribadi untuk menuju surga dengan cara cepat.

Kepala Badan Nasional penanggulangan Teroris Komisaris Jenderal (Pol) Tito Karnavian memberikan pemaparan terkait situasi perkembangan teroris di Indonesia dalam The General Briefing on Counter Terorism di Jakarta, Selasa (19/4). Acara yang diikuti oleh sejumlah duta besar negara sahabat itu sebagai ajang bertukar informasi terkait penanganan teroris di tiap-tiap negara.
Kompas/Wisnu Widiantoro (NUT)
19-04-2016

Akibatnya, tujuan bom bunuh diri dilepaskan dari konteks. Tidak penting lagi apakah bom bunuh diri yang mereka lakukan memberikan kontribusi bagi dunia Islam universal atau khilafah. Yang penting mereka "masuk surga."

"Tiket" ke surga

Jadi, untuk menuju surga, tidak perlu lagi menyerang markas utama polisi atau militer. Cukup melakukan bunuh diri di pos penjagaan saja, karena satu penjaga sudah mewakili "thogut" yang di dalam markas besar, sebagai tiket masuk surga. Sama halnya, tidak perlu lagi membawa dan meledakkan bom ke dalam gereja. Cukup di gerbang masuk saja, karena itu pun sudah menjadi tiket ke surga.

KOMPAS/ADI SUCIPTO K

Anak-anak dan keluarga mantan kombatan dan eks narapidana terorisme yang bergabung dalam Yayasan Lingkar Perdamaian pada 21 Agustus 2017 menyanyikan Lagu Indonesia Raya an mengibarkan bendera Merah Putih. Mereka adalah bagian dari keluarga besar Indonesia. Penanganan terorisme perlu pendekatan humanis

Bahkan mereka pun merasa tidak perlu menyembunyikan identitas, karena tindakan teror yang dilakukan melalui bunuh diri bukan untuk dilanjutkan dengan rangkaian serangan berikutnya. Itulah sebabnya ditemukan kartu keluarga (KK) yang dibawa oleh pelaku bom bunuh diri di Mapolresta Surabaya.

Serangan berikutnya adalah tugas teroris lain yang sama-sama ingin ke surga dengan cepat. Jaringan yang ada menjadi hanya berupa asosiasi ideologis dan keyakinan, bukan semata-mata organisasi yang ketat dengan tujuan perjuangan Islam yang lebih luas dari tujuan individual.

KOMPAS/VINA OKTAVIA

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian menghadiri acara safari Ramadhan di Markas Besar Komando Resor Militer 043 Garuda Hitam, Senin (4/6/2018), di Bandar Lampung. Dalam kesempatan itu, panglima TNI mengajak seluruh elemen masyarakat bersatu dalam melawan dan menangkal terorisme.

Oleh karena tujuannya mencari tiket ke surga, seorang teroris lelaki akan mengajak pasangannya untuk ikut bersama-sama ke surga. Atau sebaliknya. Dan, mereka yang sudah punya anak akan mengajak serta anaknya. Semua anak kecil pasti suka main perang-perangan. Saat diajak "perang beneran" mereka akan senang karena konsep di benak mereka adalah bermain.

Dampak dari pola pelaku yang terdiri atas kelompok-kelompok keluarga ini sangat luar biasa. Sasaran menjadi random/acak, tidak bisa diprediksi. Berpadu dengan kelangkaan bahan peledak, senjata tajam saja sudah dianggap memadai. Pelaku tidak punya rasa takut karena memang mencari mati. Mereka justru marah kalau ditangkap polisi karena tidak jadi naik ke surga. Mereka memang mencari kematian.

Penggeledahan – Polisi berjaga di depan rumah terduga terorisme Noeim Ba'asyir di Kelurahan Joyotakan, Kecamatan Serengan, Kota Solo, Jawa Tengah saat berlangsung penggeledahan, Rabu (15/5). Dari rumah itu diambil sejumlah barang bukti, seperti kabel, pipa paralon, buku-buku, cakram padat, dan sarung senjata api. Noeim telah ditangkap sehari sebelumnya dan dikaitkan dengan tersangka kasus terorisme William Maksum.
Kompas/Sri Rejeki (EKI)
15-05-2013