Tumit Achilles
SEKRETARIAT PRESIDEN/ MUCHLIS JR

Presiden Joko Widodo bersama cucunya, Jan Ethes, saat berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu (8/7/2018).

Meskipun diserang, difitnah, dan diolok-olok, Presiden Joko Widodo tetap tegar dan terus berkarya dengan keyakinannya sebagai nakhoda Republik Indonesia tercinta ini.

Kelemahan yang manusiawi pasti dimiliki setiap orang, tetapi bilamana orang tersebut menyadarinya, ia akan dapat mengurangi dampak buruk dari kelemahan tadi.

Ibarat mitologi Yunani, Presiden Joko Widodo seperti Achilles yang selalu perkasa di dalam setiap pertarungan. Namun, Achilles memiliki kelemahan pada tumitnya. Achilles tersungkur setelah ada anak panah yang mengenai tumitnya.

Mengamati perpolitikan di Indonesia saat ini, mereka yang hendak mengganggu kebijakan Presiden Joko Widodo—yang sudah tampak dan tidak terbantahkan hasil positifnya—tak berhenti merongrong pemerintahan yang sah pilihan rakyat ini.

Semoga Presiden Joko Widodo segera menyadari bahwa tumit Achilles itu berada di seputarnya, yang dekat dengan Presiden. Saya hanya mampu berdoa semoga Presiden segera mengatasi masalah tumit Achilles ini.

Hadisudjono SastrosatomoJl Pariaman, Pasar Manggis, Setiabudi, Jakarta Selatan

 

Bau Bandara Depati Amir

Belum lama ini keluarga saya mudik menuju Cirebon. Mereka adalah istri saya, anak, dan cucu. Saya sebagai pengantar tidak ikut. Sampai di Bandara Depati Amir, Pangkalanbaru, mereka masing-masing saling tuduh siapa yang kentut. Ternyata semua mengelak.

Di benak saya terpikir bahwa bau tidak sedap itu datang dari tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Paritenan yang kini sudah berusia 40-an tahun dan sudah dinyatakan overkapasitas. Kalau ada angin kencang, kita kerap mencium bau yang tidak sedap sampai ke permukiman warga di radius dua kilometer hingga sampai di Bandara Depati Amir Pangkalanbaru, Babel.

Berdasarkan observasi kami di lapangan, dapat kami ambil kesimpulan bahwa memang benar TPA tersebut sudah overkapasitas. Sampah sudah meninggi seperti gunung.

Mengingat Pangkal Pinang adalah kota provinsi dan Bandara Depati Amir merupakan pintu masuk para wisatawan, seharusnya semua pihak yang terlibat serius menanganinya sehingga Bandara Depati Amir tak jadi cemoohan tamu.

A Walid MuhammadJl Kejaksaan, Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung

 

Pendanaan Kembali Garuda

Kepada maskapai penerbangan Garuda Indonesia, kami mohon segera mendanakan kembali tiket kami berkode pemesanan OAOKYH dan nomor 1262495974784. Kami telah memproses pendanaan kembali dengan nomor RR.1804381326, 24 April 2018. Dijanjikan uang akan ditransfer ke rekening kami dalam 14-30 hari kerja.

Kami sudah menanyakan hal ini melalui surel sampai tiga kali ke E-booking dan menelepon layanan konsumen Garuda. Hingga saat ini uang belum juga masuk ke rekening kami.

Terini IrianiUtankayu Utara, Matraman, Jakarta Timur

 

Kunjungan Kapolsek

Sehubungan dengan keluhan yang saya sampaikan di kolom "Surat kepada Redaksi" Kompas, Senin 18 Juni 2018, "Pojok Baca Polsek", saya berterima kasih kepada Kapolsek Kelapa Gading Martua Silitonga bersama staf atas kunjungannya ke kediaman saya memberikan penjelasan.

Saat ini saya bersama anak-anak bisa kembali mengunjungi ruang pojok baca Polsek dan menggunakan fasilitas yang tersedia.

Jalan di depan Kantor Polsek saat ini masih ditutup sementara untuk mengantisipasi serangan teror di Kantor Polsek pasca-tragedi bom Surabaya beberapa waktu lalu.

Ke depan saya berharap kondisi dapat pulih sehingga jalan umum di depan Polsek dapat kembali digunakan warga.