Cari Blog Ini

Bidvertiser

Senin, 30 November 2020

ULAS BAHASA: Obral Mantan (RETMAWATI)


Apa bahasa Indonesia yang tepat untuk kata saledan preloved?

Gelaran diskon sepanjang tahun ini, meski dalam situasi pandemi, menarik untuk dicermati. Membicarakan harganya cukup menyenangkan dan mengamati istilah yang digunakan pun tak kalah menarik.

Seorang teman pernah bercerita, suatu hari neneknya minta dibelikan sale. Saat dia berjanji kepada neneknya akan membelikan sale di toko oleh-oleh, sang nenek menolak dan berkomentar,"Tidak usah ke toko oleh-oleh. Di sepanjang jalan saja banyak. Itu tulisannya sale, sale, sale." Dari situ dia paham bahwa yang dimaksud sang nenek adalah sale atau diskon.

Kecenderungan masyarakat Indonesia saat ini atau pusat perbelanjaan dan toko, baik daring maupun luring, adalah menggunakan kata sale untuk merujuk gelaran potongan harga secara besar-besaran. Apakah salah? Tentu saja tidak. Namun, seberapa familier kata itu dalam masyarakat?

Baca juga: Pasca, Paska, Sesudah, atau Setelah?

Mungkin untuk masyarakat perkotaan dan kaum milenial, kata itu cukup familier. Namun, bagaimana dengan masyarakat golongan lain? Di samping itu, bahasa Indonesia telah menyediakan kata yang sepadan, yaituobral. Bisa juga dipakai kata diskonatau rabat.

Kenapa kita tidak menggunakan pilihan kata yang sebenarnya juga sudah familier di masyarakat alih-alihsale? Apakah kemudian pemilihan kata berpengaruh terhadap "kesan" pada suatu barang?

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Pertokoan di pusat perbelanjaan Kuningan City memberikan potongan harga khusus pada saat 'midday madness sale' yang menjadi bagian dari Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2019, Sabtu (25/5/2019). 

Padanan "preloved"

Kita lihat contoh lainnya, yaitu katapreloved. Kata ini beberapa tahun belakangan muncul di banyak tempat, terutama toko daring. Menurut Oxford Dictionary, kata preloved diartikan sebagai 'previously owned' atau 'secondhand'.

Dari pengertian itu kita bisa memadankannya dengan kata bekas. Namun, sejumlah pelaku toko daring menolak menggunakan kata bekasdengan alasan artinya berbeda.

Terkait kata bekas, kita bisa melihat beberapa contoh kalimat yang terdapat di media massa.

Bekas Kepala Subbagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejagung Pinangki Sirna Malasari memakai rompi tahanan seusai menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (21/10/2020).

Sebelumnya, empat terdakwa kasus korupsi di PT Asuransi Jiwasraya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Mereka adalah bekas Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Hary Prasetyo, eks Direktur Utama Hendrisman Rahim, eks Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Syahmirwan, serta Direktur PT Maxima Integra Tbk Joko Hartono Tirto.

Baca juga: Penerapan Total Kata Total

Bandingkan dengan penggunaan kata yang sejajar, yaitu mantan.

Di singel ini, Budjana mengajak Simon Phillips, mantan drumer Toto selama kurun 1992-2014. Karyanya antara lain dapat disimak di album fenomenal Toto, Tambu. Budjana juga mengajak basis peraih Grammy Awards kelahiran Kuba, Carlitos Del Puerto.

Dari contoh di atas kita bisa melihat perbedaan penggunaan kata bekas danmantan dari segi "rasa" bahasa.

Lalu, bagaimana dengan preloved? Apakah untuk barang bisa disebut sebagai mantanMantan, dalam KBBI, diartikan sebagai: bekas (pemangku jabatan, kedudukan, dan sebagainya). Dari keterangan itu kita bisa menyimpulkan bahwa katamantan hanya dipakai untuk orang.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Beragam barang mode bermerek yang pernah dipakai (preloved) ditawarkan dalam bazaar produk preloved di Gandaria City, Jakarta, Kamis (30/8/2018). 

Sementara itu, Cambridge Dictionarymenyebutkan bahwa kata preloveddigunakan untuk menghindari katasecond hand. Namun, tidak demikian dengan KBBI. Kita tidak bisa menyebutmantan, alih-alih bekas, untuk barang. Misalnya, kita tidak bisa mengartikanpreloved bags sebagai 'tas mantan' atau malah 'obral mantan' untuk merujuk diskon barang bekas.

Kita tidak bisa menyebut mantan, alih-alih bekas, untuk barang.

Apakah KBBI menyediakan kata selainmantan dan bekas? Masih ada pilihan kata eks. Namun, apakah itu akan berterima untuk menggantikanpreloved? Rasanya pun tidak. Pilihan paling mungkin adalah bekas.

Jadi, apakah Anda siap untuk berburu obral mantan, eh… barang-barang obral dalam gelaran diskon akhir tahun ini?

Retmawati, Penyelaras BahasaKompas

Kompas, 28 November 2020

Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger