Cari Blog Ini

Bidvertiser

Minggu, 22 November 2020

ULAS BAHASA: Pasca, Paska, Sesudah, atau Setelah (LUCIA DWI PUSPITA SARI)


Dalam berbagai artikel ditemukan penggunaan kata "pasca" dan "paska". Manakah yang tepat dan bagaimana penggunaannya yang benar dalam kalimat?

Bentuk terikat pasca- sering muncul dalam tulisan di media massa dan media lainnya. Kata yang bermakna 'sesudah' atau 'setelah' ini kadang muncul pula dalam bentuk lain, yaknipaska-. Kata yang terakhir ini muncul karena mengikuti ujaran orang yang belum mengetahui asal-usul pengucapan kata pasca-.

Sebenarnya bagaimana penggunaan kata pasca- dalam kalimat dan bagaimana penulisannya yang benar?

Berdasarkan Kamus Kata-kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia (2003) karya JS Badudu, kata pasca- berasal dari bahasa Sanskerta (Sanskrit) yang dilafalkan seperti /c/ dalam /beca/, bukan /k/, sehingga pasca- dieja dan dibaca /pasca/, bukan /paska/.

Kata pasca- berasal dari bahasa Sanskerta (Sanskrit) yang dilafalkan seperti /c/ dalam /beca/, bukan /k/, sehingga pasca- dieja dan dibaca /pasca/, bukan /paska/.

Kata pasca juga bukan berasal dari bahasa Inggris. Maka, penulisan dan pelafalannya pun bukan /paska/, melainkan /pasca/. Pengucapanpasca- tidak seperti pengucapan, misalnya, kata component dalam bahasa Inggris, yang kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadikomponen.

Berdasarkan Ejaan Yang Disempurnakan, kata pasca-merupakan salah satu bentuk terikat. Artinya, kata pasca- ditulis serangkai dengan kata yang diikutinya, sepertipascademokrasi, pascapanen, danpascastroke. Bisa pula ditulis dengan tambahan tanda hubung apabila katapasca- diikuti oleh kata yang berhuruf kapital, misalnya pasca-Bom Bali.

Umumnya, kata yang ditambahi dengan pasca- berupa kata dasar dan berkelas kata benda (nomina), misalnya pascasarjana, pascatrauma,dan pascahaidSarjana, trauma, danhaid adalah kata benda.‎

KOMPAS/RENY SRI AYU

Warga berkumpul di teras hunian sementara di Dusun Lawadi, Desa Radda, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Kamis (12/11/2020). Mereka sebelumnya adalah warga Dusun Bone yang kemudian meninggalkan rumah pascabanjir bandang, Senin (13/7/2020).

Dalam kenyataan sehari-hari ditemukan pula kata pasca- yang diikuti kata jadian (pascakerusuhan), akronim atau singkatan  (pasca-PD II,pascapemilu), dan frasa nominal (pasca-kerusuhan Semanggi).

Ditemukan pula kata pasca- yang diikuti oleh kelas kata lain. Contoh,pascalahir, pascakrisis, danpascamodernLahir adalah kata kerja, serta krisis dan modern adalah kata sifat.

Barangkali karena pola-pola tersebut, dan mungkin juga karena para penulis bersifat pragmatis, di media massa kini kerap muncul kata pasca- yang ditempatkan di sembarang kata. Beberapa contoh menunjukkan katapasca- diikuti oleh, misalnya, kata dasar dan kata jadian yang berkelas kata kerja. Ada pula kata pasca- yang diikuti oleh kata sifat.

Berikut contohnya.

Polisi: Pascabakar Gereja, Separatis Papua Melarikan Diri

Pasca membakar tubuh istrinya dan sempat buron sehari, Maspuryanto (47) akhirnya dibekuk Tim Resmob Polres Rembang pukul 17.45 WIB di Rembang, Jateng, Rabu (16/10/2019).

Keberadaan tersangka Asmar, buruh proyek berusia 18 tahun yang kaburpasca menembak mati rekannya, korban Ahmad Jaini, dengan mudah bisa diendus polisi.

Tindakan pasca operatif dilakukan dalam dua tahap, yaitu periode pemulihan segera dan pemulihan berkelanjutan setelah fase pascaoperatif.


KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Sempat redup pascaberoperasinya Tol Cipularang, para perajin gerabah di kawasan Desa Anjun, Kecamatan Plered, Jawa Barat, kini sedang kebanjiran order bahkan kewalahan memenuhi permintaan pot dari konsumen seiring meningkatnya hobi berkebun sejak pandemi Covid-19.

Perhatikan bahwa pasca- diikuti oleh kata dasar (bakar) dan kata jadian (membakar dan menembak) yang berkelas kata kerja. Dalam contoh terakhir, kata pasca- diikuti kata dasar dan berkelas kata sifat (operatif).

Dalam kalimat itu, kata pasca- tidak diikuti dengan kata yang tepat. Sebaiknya kata pasca- diganti dengan kata sesudah atau setelah (setelah membakar, setelah menembak).

Ketidaktepatan terdapat pula pada contoh terakhir. Berbeda dengan contoh sebelumnya, bukan kata pasca-yang diganti, melainkan kata operatif.

Penggunaan kata operatif sebelum kata pasca- bisa jadi disebabkan ketidaktahuan si penulis mengenai arti dan bentuk kata operatif. Operatif berarti 'bersifat operasi'. Kata ini muncul jika didahului kata keterangan (adjektiva), misalnya sangat operatifatau tidak operatif. Jadi, kata sejenisoperatif tidak bisa dirangkaikan dengan pasca-.

Barangkali yang dimaksud si penulis adalah pascaoperasi,  yang berarti 'berhubungan dengan sesudah menjalani operasi'.‎

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Seorang bidan membujuk warga lansia agar mau mengungsi dari Dusun Sumber, Desa Klakah, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (11/11/2020). Mitigasi bencana di sejumlah kawasan rawan bencana di sekeliling Gunung Merapi ditingkatkan pasca-kenaikan status gunung itu menjadi Siaga.

Cara membedakan

Apabila kita kesulitan membedakan penggunaan antara pasca- dansesudah/setelah dengan tepat, cobalah mengganti kata pasca- dengan katapra-. Jika antara kata yang didahuluipasca- dan pra- paralel, kemungkinan besar hasil dari pembentukan tersebut tidak salah.

Kata pascasarjana (berhubungan dengan tingkat pendidikan atau pengetahuan sesudah sarjana), misalnya, paralel dengan prasarjana(berhubungan dengan tingkat pendidikan atau pengetahuan sebelum sarjana). Contoh lain adalahpascaproklamasi, pascasejarah, pascapemilu, dan sebagainya, yang paralel dengan bentuk praproklamasi, prasejarah, dan prapemilu.

Bandingkan, umpamanya, denganpascamembakar danpascamenembak. Kedua kata ini tidak paralel dengan pramembakar danpramenembak.

Apabila kita kesulitan membedakan penggunaan antara pasca- dan sesudah/setelah dengan tepat, cobalah mengganti kata pasca- dengan kata pra-.

Hal yang sama terjadi pada kata pasca- yang diikuti kata jadian yang berupa kata benda. Kata pasca- yang melekat pada kata kebakaran(pascakebakaran rumah susun itu...), misalnya, kurang tepat karena katapascakebakaran tidak paralel denganprakebakaran.

Selain itu, kata pasca- juga tidak bisa diletakkan di awal kalimat karena katapasca- bukan kata sambung dan berkelas adjektiva. Karena itu, diperlukan sebuah kata di depanpasca-, misalnya PascasarjanaFakultas Ekonomi dan Bisnis UGM menjadi Program PascasarjanaFakultas Ekonomi dan Bisnis UGM.

Satu patokan lagi bisa dijadikan pertimbangan. Patokan ini dikutip dari buku Kalimat Jurnalistik (2010) karya A.M. Dewabrata, wartawan Kompasyang purnabakti pada 2004.‎

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Pasca-pengesahan omnibus law RUU Cipta Kerja 5 Oktober 2020, lahir aksi penolakan oleh buruh dan mahasiswa. Selain unjuk rasa, penolakan juga dilakukan melalui grafiti, seperti terlihat di bawah kolong jalan lingkar Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Minggu (25/10/2020).

Kata pasca- diacukan ke 'waktu belakangan'. Bulan Mei 1998, katanya, terjadi kerusuhan massal di Indonesia. Bulan-bulan setelah kerusuhan itu disebut pascakerusuhan Mei 1998. Huru-hara Mei 1998 mengakibatkan kejatuhan Soeharto. Kejatuhan itu sudah berlalu, tetapi pengaruhnya masih panjang, reformasi tak habis-habis, maka bisalah digunakanpascakejatuhan Soeharto kalau konteksnya dengan kejatuhan itu ekornya panjang.

Jadi, berbeda dengan pascakebakaran rumah susun dalam contoh di atas,pascakerusuhan Mei 1998 danpascakejatuhan Soeharto menimbulkan efek yang lebih luas. Ada nilai sejarah yang melekat pada bangsa ini sebagai akibat peristiwa tersebut.

Bahwa bentuk jadian yang melekat pada kata pasca- tersebut sama-sama berkelas kata benda, ada nuansa makna yang tidak sekadar 'sesudah' atau 'setelah' pada bentukpascakerusuhan dan pascakejatuhan.

Lucia Dwi Puspita Sari, Penyelaras Bahasa Kompas

Kompas, 21 November 2020

Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger